Breaking News:

Lapor Mang Sripo

Apa Saja Langkah-langkah Antisipasi Kemarau Lebih Kering?

Pada tahun ini BMKG memprediksi kemarau di di kawasan Sumsel akan lebih kering. Bahkan ada berapa daerah di Sumsel yang tergo­long rawan bencana.

SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Ilustrasi - Kemarau yang sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir menyebabkan lahan sawah warga mengalami kekeringan dan terpaksa ditinggalkan hingga musim penghujan tiba. 

Kepada Yth Gubernur Provinsi Sumsel. Pada tahun ini BMKG Palembang memprediksi kemarau di di kawasan Sumsel akan lebih kering.

Bahkan ada berapa daerah di Sumsel yang tergo­long rawan bencana. Terkait dengan itu apa saja langkah antisipasi yang bakal dila­ku­kan.

Terima kasih 08528901xxxx

Baca juga: Akan Ada Masa Dimana Tiga Bulan Tanpa Hujan, Prediksi BMKG Sumsel untuk Musim Kemarau Tahun 2021

Baca juga: Kemarau Panjang Diprediksi Terjadi di 2021, BPBD OKI Siagakan Relawan Masyarakat dan Personel

Dan jangan lupa subscribe, like dan share channel Tiktok Sriwijayapost di bawah ini:

Jawaban:
Usahakan Gambut Tidak Boleh Kering

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan melalui Lapor Mang Sripo. Pemerintah Pro­­vinsi Sumatra Selatan pada tahun 2021 ini telah menetapkan sepuluh daerah di Bumi Sri­wijaya rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla). Adapun kesepuluh dae­rah yang rawan terjadi karhutla yakni adalah Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Ogan Kome­ring Ilir, Banyuasin, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, OKU dan OKU Timur.

Dari prediksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel, kemarau tahun ini akan sama seperti tahun 2019 lalu. Dimana kadar air di lahan gambut akan me­ni­pis sebagai dampak terjadinya musim kemarau. Kondisi air saat kemarau yang meni­pis menyulitkan proses pemadaman di gambut dalam. Terkadang, api hanya padam di per­­mukaan namun tetap menyala di bagian bawah.

Kita harus usahakan daerah gambut tidak boleh kering, sehingga dibutuhkan stok air agar permukaan terjaga minimal lebih dari 30 sentimeter agar tetap lembab. (Oca)

Herman Deru
Gubernur Sumsel

Serta Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved