Breaking News:

Manfaat Berbuka Puasa dengan Buah Kurma

Manfaat kurma untuk kesehatan ternyata sangat banyak, termasuk salah satunya dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat karena kandungan gula alami

Kompas.com
Ilustrasi buah kurma 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Puasa dan kurma seolah sulit dipisahkan.

Hal ini dikarenakan kurma selalu menjadi menu utama saat berbuka puasa.

Apalagi kurma adalah menu berbuka puasa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

Manfaat kurma untuk kesehatan ternyata sangat banyak, termasuk salah satunya dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat karena kandungan gula alaminya.

"Tuntutan sunah berbuka puasa dengan kurma adalah cara yang paling sehat dan paling cepat juga dalam memulihkan tubuh kita dan menghasilkan energi."

Demikian diungkapkan oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand) dr Inggrid Tania MSi, dalam webinar di kanal YouTube PDPOTJI Online yang dikutip Kompas.com.

Baca juga: Video Kisah Pohon Kurma Menangis Histeris, Bikin Gempar Warga Madinah

Tania menyebutkan, beberapa kandungan gizi yang terkandung dalam sebutir kurma, antara lain protein, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin A.

Selain itu, kurma juga tinggi akan serat pangan larut yang bisa memperlancar proses pencernaan serta bersifat antimikroba sehingga dapat melindungi lambung dan usus, misalnya dari parasit yang terbawa dalam makanan yang kita makan.

Oleh karena itu, kurma sebetulnya tak hanya baik untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa, tetapi juga baik untuk mengawali sesi makan.

"Misalnya ketika traveling, makan di restoran atau ke warteg, lebih bagus makan kurma dulu karena baik untuk mengondisikan dan melindungi lambung dan usus kita dan membantu melawan parasit dan bakteri yang mungkin bisa masuk bersama makanan," ucapnya.

Baca juga: Kisah Pohon Kurma Menangis Histeris, Bikin Gempar Warga Madinah, Ternyata Rindu Sentuhan Rasulullah

Baca juga: DIAMOND Palembang Tambah Stok Kurma dan Kebutuhan Buah Segar Jelang Ramadan

Halaman
12
Editor: aminuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved