Breaking News:

Musibah Tabrakan KA

MENGERIKAN, Kereta Melaju Tanpa Masinis dan Asisten, Tabrakan Frontal, Gerbong Terpental ke Udara

Jaksa penuntut pada Minggu (11/4/2021) mengungkapkan, baik masinis maupun asistennya tidak memegang kendali saat terjadi kecelakaan kereta Mesir

AFP
Warga berkerumun mengelilingi puing-puing kecelakaan kereta api Mesir yang melibatkan dua KA di distrik Tahta, provinsi Sohag, sekitar 460 km selatan Kairo, pada Jumat (26/3/2021). Total 20 orang tewas dan 199 luka-luka dalam insiden ini. 

SRIPOKU.COM, MESIR--Jaksa penuntut pada Minggu (11/4/2021) mengungkapkan, baik masinis maupun asistennya tidak memegang kendali saat terjadi kecelakaan kereta Mesir yang mematikan bulan lalu. Sedikitnya 20 orang tewas dan 199 luka-luka dalam kecelakaan kereta api Mesir pada 26 Maret di dekat Sohag, menurut angka terbaru pihak berwenang.

Jumlah korban tewas awalnya diumumkan 32 pada hari kecelakaan, lalu direvisi beberapa kali oleh otoritas setempat menjadi 19, lalu 18, dan sekarang 20. Menurut laporan investigasi yang dikutip jaksa penuntut hari ini, masinis dan asistennya tidak berada di kabin kontrol saat kecelakaan, bertentangan dengan klaim mereka. Di Mesir banyak kecelakaan kereta api mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Menteri Transportasi Mesir Kamel El Wazir yang merupakan mantan jenderal dan ditunjuk mengisi jabatan itu setelah tabrakan fatal pada 2019, menyebut kecelakaan kereta Mesir bulan lalu sebagai kesalahan manusia. Dia pun berjanji untuk memasang jaringan otomatis pada 2024. Sementara itu Presiden Abdel Fattah El Sisi berjanji meminta pertanggungjawaban mereka yang berandil dalam kecelakaan kereta api Mesir bulan lalu.

Kantor berita AFP mewartakan, sedikitnya delapan orang termasuk masinis dan asisten tadi ditangkap tak lama setelah insiden terjadi. Video rekaman CCTV yang dilihat AFP memperlihatkan kereta itu menabrak kereta lainnya dengan kencang. Salah satu gerbongnya sampai terpental ke udara, dan debu mengepul besar ke udara. Kecelakaan kereta Mesir ini terjadi di desa Samaa Gharb, 460 km selatan Kairo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kecelakaan Kereta Mesir, KA Ternyata Melaju Tanpa Masinis dan Asisten",  https://www.kompas.com/global/read/2021/04/11/211750470/kecelakaan-kereta-mesir-ka-ternyata-melaju-tanpa-masinis-dan-asisten.
Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Editor: Wiedarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved