Breaking News:

Telinga Gatal

GATALNYA Berlebihan, Jangan Terlalu Sering Membersihkan Kuping: Ini Bahayanya

Padahal, telinga gatal bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius dan tidak boleh ditangani dengan sembarangan.

Shutterstock
ilustrasi telinga gatal 

SRIPOKU.COM--Ketika telinga terasa gatal, biasanya kita tergoda untuk mengorek telinga dengan cotton bud. Padahal, telinga gatal bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius dan tidak boleh ditangani dengan sembarangan. Apa yang kita lakukan pda telinga bisa menyebabkan gatal atau bahkan memperburuk rasa gatal itu.

Karena itu, Anda perlu memahami lebih lanjut yang menjadi pemicu rasa gatal di telinga. Menurut Erika Woodson, ahli bedah telinga dari Cleveland Clinic, telinga gatal merupakan hal yang umum dan tidak perlu dikhawatirkan.

Berikut penyebab telinga terasa gatal:

1.Terlalu sering membersihkan telinga

Zat lilin yang dianggap kotoran telinga sebenarnya berfungsi sebagai penghalang air dan melindungi telinga kita. Zat lilin di telinga juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membantu mencegah infeksi. Terlalu sering membersihkan telinga bisa membuat kita kehilangan manfaat itu. Selain itu, sering membersihkan telinga juga bisa mendorong zat lilin masuk ke telinga lebih dalam. Akibatnya, kotoran akan lebih banyak menumpuk.

Kotoran telinga umumnya keluar dari liang telinga dengan sendirinya. Anda hanya perlu mencucinya dari telinga luar saat mandi. Untuk mengatasi penumpukan kotoran telinga, Anda bisa menggunakan obat tetes telinga untuk memecah kotoran. Namun, hindari membersihkan saluran telinga dengan bahan lain karena bisa memicu bahaya.

2. Penyakit kulit

Kondisi dermatologis seperti eksim dan psoriasis dapat muncul di berbagai area kulit dan memicu gatal. Selain itu, ruam atau plak juga bisa berkembang di tempat yang tidak bisa dilihat mata. “Saluran telinga Anda dilapisi dengan kulit, jadi eksim dan psoriasis juga dapat muncul di sana,” ucap Woodson.

Jika mengalami hal tersebut, Anda harus menemui dokter kulit atau spesialis telinga, hidung dan tenggorokan. "Rasa gatal yang terjadi mungkin disebabkan oleh kondisi dermatologis yang dapat diobati. Jadi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter," kata Woodson.

3. Infeksi telinga

Rasa gatal merupakan salah satu gejala awal infeksi telinga. “Jika Anda merasakan sakit di telinga atau ada cairan dari telinga, inilah saatnya untuk menghubungi dokter Anda,” kata Woodson.

Gejala infeksi yang diabaikan bisa merusak telinga atau merusak pendengaran. Untuk mencegah hal itu terjadi, jangan ragu untuk menghubungi dokter. Jika Anda memakai alat bantu dengar, bersihkan secara teratur untuk menghindari gatal dan infeksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengatasinya", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2021/04/07/141400868/3-penyebab-telinga-gatal-dan-cara-mengatasinya?page=all#page2.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Editor: Wiedarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved