Breaking News:

Korupsi Bansos Covid 19

Anna Maria: Penunjukan Vendor Penyaluran Bansos Covid-19 Kewenangan PPK

Sidang lanjutan suap program bantuan sosial Covid-19 yang melibatkan mantan Menteri Sosial digelar di Pengadilan Korupsi di Jakarta.

Anna Maria: Penunjukan Vendor Penyaluran Bansos Covid-19 Kewenangan PPK
IST
Mantan Mensos Juliari P Batubara

SRIPOKU.COM ---  Sidang lanjutan suap program bantuan sosial Covid-19 yang melibatkan mantan Menteri Sosial digelar di Pengadilan Korupsi di Jakarta.

Pemeriksaan perkara pemberi suap Hary van Sidabuke, pengusaha swasta yang berperan menentukan vendor pendistribusian bantuan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dalam sidang kali ini, jaksa menghadirkan ahli hukum dalam bidang Pengadaan Barang dan Jasa dari Universitas Trisakti, Anna Maria Tri Anggraini.

Anna Maria menegaskan bahwa mekanisme penunjukkan langsung terhadap vendor pengadaan barang dan jasa pemerintah, merupakan kewenangan penuh dari pejabat pembuat komitmen (PPK).

Baca juga: Ketua Komisi VIII DPR RI Diperiksa KPK, Kasus Korupsi Mantan Mensos Juliari Batubara

Baca juga: Mantan Mensos Juliari Batubara Titip Uang Rp500 Juta ke Pengurus Partai Politik

Dalam keadaan darurat, menurut Anna, PPK dapat menunjuk langsung vendor atau orang untuk mengadakan barang dengan tujuan agar barang tersebut bisa diperoleh dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Anna Maria menjadi ahli dalam sidang lanjutan kasus korupsi Bansos Covid-19 dengan Terdakwa Hari Van Sidabuke di Pengadilan Tipikor Jakarta.

“PPK dalam hal ini mempunyai kewenangan penuh untuk menentukan seseorang menjadi vendor (pengadaan barang dan jasa),” kata Anna Maria seperti dikutip Tribunnews.com, Kamis (08/04/2021).

Dalam kasus korupsi Bansos Covid-19 di Kemensos ini, PPK pengadaan barang dan jasa bansos bahan kebutuhan pokok untuk penanganan Covid-19 di Kemensos Tahun 2020, ketika itu dijabat Mateus Joko Santoso (MJS).

Baca juga: Ancaman Hukuman Mati Bayangi Edhy Prabowo dan Juliari Batubara dari KPK

Joko Santoso telah ditetapkan sebagai terdakwa bersama mantan Manteri Sosial Juliari P Batubara .

Joko Santoso memiliki kewenangan penuh menentukan vendor pengadaan barang untuk kebutuhan bansos paket sembako.

Halaman
123
Editor: Sutrisman Dinah
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved