Breaking News:

BPKP Kawal Program Pertanian Sumsel Antisipasi dari Penyimpangan, Herman Deru : Efektif dan Efisien

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan, kerja sama dengan BPKP menjadi Iangkah awal untuk mengawal tata kelola keuangan di Sumsel.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Welly Hadinata
Sripoku.com/Jati Purwanti
Gubernur Sumsel Herman Deru saat mengikuti Konferensi pers usai Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sumsel, di Palembang, Selasa (6/4/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangungan (BPKP) berkomitmen mengawal akuntabilitas keuangan bidang pertanian di Sumatra Selatan untuk menghindari terjadinya penyimpangan.

Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP, Salamat Simanullang, mengatakan, program prioritas pertanian di daerah juga perlu mendapat pengawalan yang menyangkut tata kelola keuangan pemerintah daerah.

“Apalagi, Sumsel memprioritaskan wilayah pertaniannya menjadi lumbung pangan nasional, maka perlu sinergitas untuk pengawasan program prioritas di daerah itu,” katanya saat Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Sumsel, di Palembang, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, dengan program yang semakin selaras antara pemerintah pusat provinsi sampai dengan kabupaten/kota, gerak pembangunan dapat terintegrasi.

Untuk mewujudkannya pemerintah daerah harus benar-benar menyusun perencanaan yang sesuai dengan program pembangunan nasional.

Salamat menjelaskan, BPKP telah merancang pengawasan atas akuntabilitas perencanaan dan penganggaran di daerah.

Pengawasan tersebut sebagai sarana pemda guna memastikan efektivitas, efisiensi rancangan program kegiatan sampai dengan subkegiatan.

“Tentunya pengawasan ini melibatkan APIP (aparat pengawas intern pemerintah),” ujarnya.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengatakan, kerja sama dengan BPKP menjadi Iangkah awal untuk mengawal tata kelola keuangan di Sumsel.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved