Breaking News:

Lahan Food Estate di Sumsel Seluas 278.483 Hektar, Target Produksi Beras Mencapai 5 Juta Ton GKG

Terdapat sembilan kabupaten di Sumsel menjadi daerah prioritas pelaksanaan food estate dengan luas lahan 278.483 hektar.

IST
Gubernur Sumsel Herman Deru saat panen raya 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Provinsi Sumsel termasuk daerah yang melaksanakan program Food Estate di Indonesia.

Sumsel bersama dua provinsi lain, Kalimantan Tengah dan Sumatra Utara, ditambahkan menjadi daerah pelaksana program lumbung pangan baru pada September 2020 lalu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Sumsel, Bambang Pramono, menyebutkan, Food Estate di Sumsel telah dimulai sejak kepemimpinan Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat menjadi bupati OKU Timur tetapi belum berbasis korporasi.  

Target optimalisasi program food estate di Sumsel untuk beras sebesar lima juta ton-Gabah Kering Giling (GKG), sedangkan untuk tanaman hortikultura terpenuhinya kebutuhan dasar dari masyarakat Sumsel  (basic need comodity).

"Konsep Food Estate yang telah dicanangkan oleh Herman Deru merupakan penumbuhan dan pengembangan kawasan pertanian berbasis korporasi melalui kegiatan pendampingan, pengawalan pertanaman komoditi pangan dan hortikultura sesuai rekomendasi teknis, spesifik lokasi dan berdasarkan kebutuhan petani mulai dari Hulu sampai ke Hilir yang dapat meningkatkan kemandirian petani," jelas Bambang, Minggu (4/4/2021).

Terdapat sembilan kabupaten di Sumsel menjadi daerah prioritas pelaksanaan food estate dengan luas lahan 278.483 hektar.

Sembilan kabupaten tersebut terbagi menjadi klaster pertanian padi dan jagung dan hortikultura. 

Rinciannya, tujuh kabupaten untuk kleater padi dan jagung yakni Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKU Timur, Musi Rawas dan Muara Enim.

Sementara, klaster lain yaitu klaster holtikultura buah dan sayur seperti Pagaralam, Muara Enim, OKU Selatan, Lahat, Prabumulih, OKU Timur dan Lubuk Linggau.

Halaman
123
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved