Breaking News:

2 Brand Roti Terkenal Tiba-tiba Viral Belum Cantumkan Label Halal, Ini Komentar BBPOM Palembang

BPOM dan MUI dalam hal ini berkaitan karena dalam proses menuju izin edar, makanan harus dites terlebih dahulu ada atau tidaknya komposisi

SRIPOKU.COM/Maya Citra Rosa
Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Viral di media sosial perusahaan roti ternama di Indonesia yang belum mempunyai sertifikat halal dari MUI.

Akun Instagram @halalcorner memposting mengenai brand roti di Indonesia yang belum terdaftar di LPPOM MUI untuk mendapatkan sertifikat halal, yaitu brand roti BT dan J.  

Postingan tersebut menuai banyak tanggapan dari warganet dan diposting kembali oleh akun @promopalembang.

Sejumlah warganet merespon dengan tidak percaya bahwa brand roti yang cukup terkenal di kalangan menengah keatas tersebut belum adanya label halal.

Hal tersebut juga banyak dipertanyakan oleh warga muslim yang biasanya membeli roti yang beragam di toko tersebut.

Salah satu respon akun Instagram @erinolivia9 yang membenarkan bahwa saat dirinya bekerja di toko tersebut, roti dibuat masih memakai rum dan sejenis bahan roti lesitin yang mengandung B2 atau daging babi.

"Bantu jawab kak saya pernah kerja di BT, kita masih pakai rum dan sejenis bahan roti Lesitin yang maaf masih ada B2 nya," ujarnya dalam kolom komentar.

Mengenai hal tersebut, BPOM Palembang menegaskan bahwa suatu produk harus mencantumkan komposisi pembuatan secara jelas.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang, Yosef Dwi Irwan menjelaskan bahwa tugas BPOM adalah untuk memastikan keamanan, manfaat, serta mutu obat dan makanan termasuk terhadap semua bahan yang digunakan untuk pembuatan obat dan makanan, sebelum produk tersebut diedarkan dengan nomor izin edar Badan POM.

Halaman
12
Penulis: maya citra rosa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved