Breaking News:

MENTAN Syahrul Yasin Limpo Sidak Harga Gabah di Sumsel, Sepakat Naiki Harga Gabah Rp 4.300 Perkilo

Mentan sepakat dengan pemilik penggillingan untuk menaikkan harga gabah petani dari Rp3.900 menjadi Rp4.200 perkilogram sesuai HPP

Sripoku.com/Jati Purwanti
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo melakukan sidak di tempat penggilingan produsen beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk, Minggu (4/4/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di salah satu penggilingan padi di Sumsel usai berolahraga pagi dengan Gubernur Sumsel, Herman Deru, di Jakabaring Sport City (JSC), Minggu (4/4/2021).

Tempat penggilingan padi tersebut milik produsen beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk yang memiliki kapasitas cukup besar karena mampu menyerap 600 ton perhari di Sumsel.

Sidak yang dilakukan Mentan ini sebagai upaya menstabilkan harga gabah tingkat petani yang mengalami penurunan akibat masa panen raya.

Mentan sepakat dengan pemilik penggillingan untuk menaikkan harga gabah petani dari Rp3.900 menjadi Rp4.200 perkilogram sesuai harga pembelian pemerintah (HPP).

“Kita sepakat dengan penggilingan padi terbesar di Sumsel, harga gabah petani dinaikkan sesuai HPP bahkan secara bertahap ke depan di atas HPP,” katanya.

Dia menargetkan di tahun 2021 ini beras Sumsel harus masuk pasar ekspor. Hal ini mengingat produksi beras Sumsel setiap tahunnya selalu surplus dan Sumsel merupakan penghasil beras ke lima nasional sehingga harus ada akselerasi perluasan pasar untuk menjamin harga gabah atau beras petani yang menguntungkan terutama di masa panen raya.

“Kondisi produksi beras di seluruh Indonesia saat ini melimpah, salah satunya di Sumatera Selatan ini sebagai sentra produksi beras.

Kita harus siap ekspor beras tahun ini untuk lebih meningkatkan kesejahteraan petani dan tentu harga walau masa panen raya terjamin,” jelasnya.

Komisaris PT Buyung Poetra Sembada Tbk, Sukarta, menyambut baik kunjungan Mentan memantau perkembangan panen dengan melihat stok gabah di penggilingan dalam rangka menstabilkan harga gabah atau beras masa panen raya di Provinsi Sumsel.

Halaman
12
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved