Breaking News:

Berita Muara Enim

Makam Puyang Lawang Kidul di Muara Enim, Berpotensi Menjadi Tempat Destinasi Wisata

Hal tersebut mengindikasikan Bumi Serasan Sekundang ini memainkan peranan penting dalam peradaban Islam pada masa lalu.

SRIPOKU.COM/ARDANI
Plh Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar bersama Sultan Palembang Darussalam Duli Yang Maha Mulia (DYMM) Baginda Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, meresmikan pemugaran makam Puyang Lawang Kidul. 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM -- Plh Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar bersama Sultan Palembang Darussalam Duli Yang Maha Mulia (DYMM) Baginda Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, meresmikan pemugaran makam Puyang Lawang Kidul atau Syekh Muhammad Ilyas bin Abdullah Suryadiningrat dan berpotensi menjadi tempat wisata religi di Bedeng Obak, Dusun VI, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (3/4/2021).

Peresmian pemugaran makam Puyang Lawang Kidul atau Syekh Muhammad Ilyas bin Abdullah Suryadiningrat ditandai dengan penandatangan prasasti oleh kedua pemimpin yang disaksikan oleh para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Marga Lawang Kidul.

Baca juga: Tim LEBAH Polsek Tanjung Agung Muara Enim, Amankan IRT Bersama Lima Mesin Jackpot

Baca juga: Kader Demokrat Pro AHY di Muara Enim Bersukacita, Ruspandri : Benar Itu Benar dan Salah Itu Salah

Plh. Bupati Muara Enim HNU mengatakan bahwa atas nama Pemkab Muara Enim menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Marga Lawang Kidul atas telah selesainya pemugaran makam puyang yang dibantu oleh PT Bukit Asam dan Baznas Kabupaten Muara Enim yang kita mulai bersama peletakan batu pertama pada 28 Juni 2020 lalu.

Pemugaran ini tak hanya dimaksudkan sebagai usaha pelestarian nilai-nilai budaya dan sejarah semata, melainkan juga sebagai bentuk penghargaan dan usaha memuliakan leluhur sekaligus ulama agar keberadaannya tetap dikenang, khususnya bagi generasi penerus sehingga mereka-pun tetap mengetahui jati diri maupun asal usul Lawang Kidul ini.

Baca juga: Tanggulangi Kasus Gizi Buruk, Muara Enim Focus Tangani Stunting di 42 Desa

Baca juga: Demi Tingkatkan Mutu & Kualitas Teknik, 101 Taekwondoin Muara Enim Ikuti UKT

"Mudah-mudahan keberadaan makam ini dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata, khususnya wisata religi dan sejarah dalam konsep Kota Wisata Tambang di Tanjung Enim," pungkasnya.

Sementara itu Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin mengatakan bahwa Kabupaten Muara Enim sebagai bagian dari wilayah adat Kesultanan Palembang Darussalam menyimpan banyak sekali makam para aulia atau ulama yang berjasa menyebarkan ajaran Islam pada masanya.

Hal tersebut mengindikasikan Bumi Serasan Sekundang ini memainkan peranan penting dalam peradaban Islam pada masa lalu.

Lebih lanjut Sultan-pun mengapresiasi kinerja Plh. Bupati Dr. H. Nasrun Umar dalam membangun daerah yang dinilainya dengan tetap merangkul dan memuliakan alim ulama maupun tokoh masyarakat.

Sebab siapapun pemimpinannya ia yakin akan mampu menjadi umaroh atau pemimpin umat di Negeri Palembang Darussalam tercinta ini.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: RM. Resha A.U
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved