Breaking News:

Puasa Ramadhan 2021

Bagaimana Memenuhi Nutrisi Anak saat Berpuasa, Berikut Ini Tips dari Ahli Gizi Yenita, DCN, MPH, RD

Ahli Gizi Klinik RSMH Yenita, DCN, MPH, RD menjelaskan, puasa artinya menahan lapar dan haus selama 12-13 jam.

IST
Ahli Gizi Klinik RSMH Yenita, DCN, MPH, RD 

SRIPOKU.COM - Bulan ramadhan sudah dekat, seluruh umat islam menunaikan ibadah puasa,wajib bagi yang sudah baligh, tapi bagaimana dengan anak-anak yg belum diwajibkan berpuasa ?

Ahli Gizi Klinik RSMH Yenita, DCN, MPH, RD menjelaskan, puasa artinya menahan lapar dan haus selama 12-13 jam.

Anak membutuhkan zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan dan ini harus terpenuhi agar anak selalu dalam kondisi kesehatan yang optimal apalagi masa pandemi covid 19.

Melatih anak berpuasa semenjak dini sangat baik tapi tidak terpaksa.

Orang tua tidak perlu khawatir akan tumbuh kembang anak terganggu asalkan kebutuhan nutrisi dan semua zat2 gizi terpenuhi sesuai usia anak selama berpuasa.

Anak yang belajar puasa di mulai dengan paruh waktu atau setengah hari untuk adaptasi salauran cerna atau lambung  karena perubahan waktu makan ,lakukan bertahap secara perlahan baru full satu hari, sehingga puasa menyenangkan bagia anak karena semua keluarga berpuasa.

Penuhi Kebutuhan Gizi

Anjuran kebutuhan gizi anak usia 7-9 tahun, kebutuhan energi :1850 kalor iperhari, dengan komposisi: protein 15 % dari total energi, lemak 25 % dari total energi, karbohidrat 60 % dari total enegi, cukup vitamin, mineral dan air. Air 8 gelas per hari. Zat gizi ini harus terpenuhi selama anak berpuasa.

Mengatur Makanan Anak Saat Puasa

Pola makan tetap berpedoman pada gizi seimbang, hanya saja waktu makan berubah yaitu 2x makan utama yaitu makan besar waktu sahur serta berbuka puasa dan 2x makan selingan yaitu makanan pembuka serta makanan selingan sebelum tidur.

Halaman
123
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved