Breaking News:

Berita Ogan Ilir

POLSEK Rantau Alai tak Boleh Lagi Lakukan Penyidikan Perkara Pidana, Ini Program Iptu Sondi Fraguna

Program ini adalah pemecahan atau penyelesaian masalah secara kekeluargaan dengan melibatkan anggota Bhabinkamtibmas dan perangkat desa.

Tribunsumsel/Agung
Kapolsek Rantau Alai, Iptu Sondi Fraguna menyortir ikan lele sebelum masa panen sebagai contoh program ketahanan pangan. 

SRIPOKU.COM, INDRALAYA - Sebanyak 22 Polsek di Sumatera Selatan (SUmsel) diputuskan tidak lagi melakukan penyidikan perkara pidana.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya Untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan), per tanggal 23 Maret 2021 yang ditandatangani langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Di Kabupaten Ogan Ilir, Polsek Rantau Alai merupakan satu-satunya Polsek yang tak lagi melakukan penyidikan.

Untuk diketahui, Kecamatan Rantau Alai dan Kecamatan Kandis merupakan dua wilayah hukum di bawah tanggung jawab Polsek Rantau Alai.

Kapolsek Rantau Alai, Iptu Sondi Fraguna mengatakan, ia sudah mengetahui Surat Keputusan Kapolri tersebut.

Ia mengungkapkan, sejak menjabat Kapolsek pada Agustus tahun lalu, sangat minim terjadi tindak kejahatan maupun pelanggaran hukum di wilayah Rantau Alai maupun Kandis.

"Sangat jarang ada laporan mengenai tindak kejahatan. Triwulan pertama saja, Januari, Februari, Maret tahun ini hampir tidak ada," kata Sondi kepada TribunSumsel.com, Jumat (2/4/2021).

Kalaupun ada, kata Sondi, persoalan yang terjadi misalnya di lingkungan masyarakat, dapat diselesaikan dengan program solving.

Program ini adalah pemecahan atau penyelesaian masalah secara kekeluargaan dengan melibatkan anggota Bhabinkamtibmas dan perangkat desa.

"Saya kasih contoh. Misalnya ada warga luka lecet gara-gara dipukul tetangganya. Bhabinkamtibmas bisa selesaikan permasalahan ini dengan wadah forum komunikasi polisi masyarakat atau FKPM," ujar Sondi.

Halaman
123
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved