Breaking News:

KISAH Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Bangun Terowongan Silaturahmi, Kerap Berbagi Parkiran

Sementara, Jalan utama menuju Katedral dari arah Gambir maupun arah Lapangan Banteng pun ditutup karena konstruksi masih berlangsung.

Istimewa
Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Bangun Terowongan Silaturahmi, Kerap Berbagi Parkiran dan saat Hari Paskah, Kamis (1/4/2021) menyedikan lahan parkir bagi Jemaah Istiqlal. 

KISAH Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Bangun Terowongan Silaturahmi, Kerap Berbagi Parkiran

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Salah satu Masjid Terbesar di Indonesia yakni Masjid Istiqlal memiliki kisah unik tentang bagaimana membangun kerukunan umat beragama.

Kisah ini sangat menarik karena pihak Masjid Istiqlal memiliki hubungan silaturahmi yang baik dengan tetangganya yakni Gereja Katedral Jakarta.

Sebab letak kedua tempat ibadah yang menjadi simbol di Jakarta ini, memang letaknya berseberangan.

Bahkan dalam tiap-tiap moment-moment penting, kedua pihak yakni baik itu Masjid Istiqlal maupun Gereja Katedral kerap berbagi parkir.

Namun karena ada jalan umum yang lalu lalang menyela diantara kedua tempat ibadahnya, maka ada rancangan akan membangun terowongan bawah tanah yang kerap disebut sebagai terowongan silaturahmi.

Jika terowongan silaturahmi ini jadi, maka umat yang ingin beribadah tak perlu lagi melintas di jalan umum ketika akan menyeberang, tetapi langsung melakui terowongan silaturahmi tersebut.

Seperti diketahui, dua tempat ibadah ini kerap berbagi parkir, nah jika Masjid Istiqlal menggelar acara, kerap meminjam parkir Geraja Katedral Jakarta, begitu sebaliknya.

Jika terowongan silaturahmi itu berdiri, maka baik jamaah Masjid Istiqlal ataupun jamaah Gereja Katedral bisa langsung menuju akses masing-masing tak perlu melintas di jalan umum.

Seperti baru-baru ini untuk melaksanakan ibadah Tri Hari Suci Paskah, maka Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir untuk Gereja Katedral Jakarta.

Halaman
12
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved