Breaking News:

Jangan Lagi Mengupload Kertas Vaksin Covid-19 di Medsos, Kementiran Kominfo Ingatkan Tentang Ini

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate menegur keras masyarakat untuk tidak mengunggah sertifikat pasca divaksin.

shutterstock via Kompas.com
PB PAPDI kembali menerbitkan surat rekomendasi kriteria penerima vaksin Covid-19, dengan penyakit penyerta alias komorbid. 

SRIPOKU.COM -- Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate menegur keras masyarakat untuk tidak mengunggah sertifikat pasca divaksin.

Kementrian Informasi dan Informatika (Kominfo) melarang seluruh peserta vaksin Covid-19 mengunggah sertifikatnya di media sosial (Medsos).

Larangan ini merespons tren masyarakat yang saat ini tengah menjalani vaksinasi secara bertahap melalui program pemerintah.

“Saya (kominfo) ingin mengingatkan kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk  melindungi data pribadi kita masing-masing,” ujarnya kepada TribunSolo.com, Kamis (1/4/2021). 

Johnny sampaikan, sertifikat vaksinasi mencakup informasi pribadi.

“Ya kan itu sertifikat  milik pribadi, bukan untuk dikonsumsi publik, di dalamnya  memuat nama lengkap, nomor induk kependudukan dan tanggal lahir peserta vaksinasi,” paparnya. 

 Menurutnya  dalam sertifikat terdapar kode QR dalam sertifikat digital itu hanya digunakan secara pribadi dan keperluan khusus.

“Jangan sampai diedarkan, jangan menyebar foto-foto yang tidak semestinya dan disebarluaskan privasi kita. Bagaimana jika ada oknum -oknum yang menyalahgunakan,” katanya. 

Meskipun demikian ia sampaikan hal tersebut dikembalikan kepada masyarakat masing-masing.

“Ya itu diserahkan kembali ke masing-masing individu, tapi kami meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengunggah itu tidak ada gunanya,”pungkasnya.

Baca juga: Berlaku Mulai 1 April 2021, Berikut Ini Adalah Peraturan Terbaru Naik Pesawat Dari Kemenhub

Baca juga: Melewati 3 Periode Pemerintahan & Rugikan Negara Rp 4,58 Triliun Akhirnya Kasus BLBI Dihentikan

Baca juga: Lowongan Kerja 2021 di Anak Perusahaan Kimia Farma Untuk Lulusa D3 dan S1, Segera Daftar!

Halaman
12
Editor: adi kurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved