Breaking News:

Saatnya Langkah Optimalisasi BUMD Digesakan

Dalam rangka meningkatkan pendapatan, pemerintah melakukan berbagai upaya termasuk men­di­rikan unit bisnis berupa Badan Usaha.

ist
AMIDI 

Oleh : Amidi

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang dan Pengamat Ekonomi Sumatera Selatan

Dalam rangka meningkatkan pendapatan, pemerintah melakukan berbagai upaya termasuk men­di­rikan unit bisnis berupa Badan Usaha.

Di tingkat pusat badan usaha tersebut kita kenal de­ngan Ba­dan Usaha Milik Negara (BUMN) dan ditingkat daerah kita kenal dengan Badan Usaha Mi­lik Dae­rah (BUMD).

BUMD tersebut dimiliki oleh berbagai daerah yang tersebar di negeri ini, se­per­ti BUMD yang dimiliki pemda Kota Palembang dan pemda Provinsi Sumatera Selatan sen­di­ri.

Salah satu BUMD yang dimiliki Kota Palembang adalah PT. Sarana Pembangunan Palembang Ja­ya (PT. SP2J) dan Salah satu BUMD yang dimiliki Provinsi Sumatera Selatan adalah PT. Swa­­rna Dwipa Sumsel Gemilang yang mengelola Hotel Swasrna Dwipa dan kompleks Asrama Ha­ji Sumsel.

BUMD yang dimiliki Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan serta daerah lain yang ada di Provinsi Sumatera Selatan ini cukup potensial untuk dijadikan sumber pendapatan bagi dae­rah.

Untuk mengoptimalkan pendapatan BUMD yang kita miliki tersebut barang tentu harus di­kelola secara optimal.

Selama ini masih banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh BUMD kita tersebut belum di­ga­rap secara baik dan maksimal, sehingga BUMD sebagai sumber pendapatan tambahan bagi da­erah belum dapat diharapkan secara maksimal.

Bahkan yang ada beberapa BUMD justru men­­derita kerugian.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved