Breaking News:

Berita Pagaralam

Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat hingga Badai, Jalur Pendakian Gunung Dempo Pagaralam Ditutup

kondisi cuaca ekstrem yang sedang terjadi di atas puncak Dempo mulai dari hujan lebat dan badai menjadi faktor lain ditutupnya jalur pendakian Dempo

SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
PENDAKI Gunung DEMPO : Tampak sejumlah pendaki yang akan naik ke puncak Gunung Dempo Pagaralam untuk merayakan HUT RI ke 75. 

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Untuk kesekian kalinya jalur pendakian menuju Puncak Gunung Dempo dan Puncak Gunung Api Dempo (GAD) kembali ditutup.

Hal ini disampaikan pihak KPH X Dempo dan Balai Regestrasi Dempo (BRIGADE) dalam surat pemberitahuan resmi.

Jalur pendakian Dempo mulai ditutup pada 30 Maret 2021 sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Hal ini disebabkan pihak LPH X dan BRIGADE akan melakukan peremajaan jalur pendakian serta melakukan penghijauan disepanjang jalur pendakian Dempo dan kawasan Hutan Lindung.

Selian itu, kondisi cuaca ekstrem yang sedang terjadi di atas puncak Dempo mulai dari hujan lebat dan badai menjadi faktor lain ditutupnya jalur pendakian Dempo.

Kepala KPH X Dempo, Heri Mulyono membenarkan bahwa untuk sementara waktu jalur pendakian menuju Puncak Dempo ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.

"Kita tutup sementara dari tanggal 30 Maret 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini terkait dengan akan adanya penghijaun dan penanaman pohon di kawasan tersebut dan juga kawasan hutan lindung disekitarnya," ujarnya.

Sementara itu Ketua Brigade Kota Pagar Alam Arindi mengatakan, selain adanya kegiatan peremajaan jalur faktor cuaca yang cukup ekstrem di atas tidak memungkinkan untuk ada aktivitas pendakian.

"Jika cuaca dan seluruh jalur pendakian memang tidak lagi membahayakan para pendaki maka jalur pendakian akan kembali dibuka," tegasnya.

Pihak BRigade telah berkordinasi dengan KPH X Dempo dan sepakat jalur pendakian ditutup sementara waktu.

"Namun, untuk kegiatan camping masih di buka dan diperbolehkan tetapi hanya wilayah yang sudah ditentukan. Kami akan tetap berjaga di pintu masuk. Jadi bagi siapa saja yang akan melakukan camping tetap harus melapor ke BRIGADE," katanya.(one)

GUNUNG Dempo Pagaralam Ternyata Sangat Kotor, 3 Hari Bersih-bersih Relawan Kumpulkan 12 Ton Sampah

Lubang Menganga di Jalan Menuju Objek Wisata Gunung Dempo, Kondisinya Mengkhawatirkan

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved