Breaking News:

Tekanan Fiskal

Langkah Serius Kurangi Tekanan Fiskal

Dampak Covid-19 yang tidak hanya terjadi di sektor kesehatan sudah menjalar keseluruh sek­tor terutama di sektor ekonomi yang mengalami dampak serius

Langkah Serius Kurangi Tekanan Fiskal
ist
Anugrahani Prasetyowati S.ST.MSi

Oleh: Anugrahani Prasetyowati S.ST.MSi

Analis Anggaran Muda BPS Provinsi Sumatera Selatan

Dampak dari Covid-19 yang tidak hanya terjadi di sektor kesehatan sudah menjalar keseluruh sek­tor terutama di sektor ekonomi yang mengalami dampak serius.

Pembatasan aktivitas ma­sya­rakat berpengaruh pada aktivitas bisnis dan perdagangan yang kemudian berimbas juga pa­da perekonomian.

Pandemi Covid-19 merupakan tekanan krisis yang belum pernah di­ha­dapi oleh Indonesia dan seluruh negara manapun di dunia.

Tekanan ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi dalam menciptakan dampak berupa turbulensi atau krisis terhadap per­ekonomian.

Covid-19 sudah menjadi pandemi yang dampaknya sangat luar biasa di seluruh negara dan sangat diluar kendali.

Adanya pandemi ini mengakibatkan defisit APBN yang lebih dari 3 persen dari PDB. Berdasarkan Peraturan Presiden No 72 tahun 2020, pemerintah telah menetapkan bahwa level defisit APBN 2020 adalah sebesar 6,34 persen.

Untuk mengurangi lebarnya defisit anggaran terhadap PDB pemerintah harus melakukan pengurangan Postur Belanja dan penambahan Postur Pendapatan Negara.

Pengurangan Postur Belanja telah dilakukan dengan mengatur ke­m­bali postur belanja negara agar lebih efektif dan efisien.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved