Breaking News:

Tiongkok, Thailand, Vietnam & Malaysia Minati Kelapa Sumsel, 2021 Sudah 22,3 Ribu Ton 164 Pengiriman

Sumsel jadi wilayah dengan produksi kelapa tertinggi di Indonesia dengan kualitas buah kelapa yang sangat diminati negara-negara mitra dagang.

Dok. Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Herman Deru kala melihat salah satu tempat penyimpanan kelapa di Sumsel. Foto diambil beberapa waktu yang lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG – Peluang ekspor produk olahan kelapa asal Sumsel (Sumatera Selatan) ke depannya dinilai memiliki prospek yang besar.

Mengingat permintaan pasar dunia terhadap kelapa asal Sumsel semakin meningkat.

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Palembang telah melakukan sertifikasi ekspor kelapa bulat asal Propinsi Sumsel sejak tahun 2004 dengan tujuan negara Tiongkok, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Sumsel jadi wilayah dengan produksi kelapa tertinggi di Indonesia dengan kualitas buah kelapa yang sangat diminati negara-negara mitra dagang.

Sebab Hujan Deras di Palembang Beberapa Hari Terakhir, BMKG Sumsel Sebut Masih Akan Terjadi: Waspada

Kepala Karantina Pertanian Palembang, Hafni Zahara, mengatakan eksportasi kelapa bulat dari Sumsel terus mengalami peningkatan sampai puncaknya di tahun 2019.

Pada akhir tahun 2019 lalu terjadi penolakan besar–besaran dari negara Thailand atas eksportasi kelapa dari Sumsel terkait permasalahan tunas.

Selanjutnya, ekspor kelapa tujuan Thailand terhenti karena sulitnya memenuhi persyaratan negara Thailand yang mensyaratkan kelapa yang diekspor tidak memiliki tunas.

“Ekspor kelapa dari Sumsel saat ini kembali menggeliat,” kata Hafni saat hadir dalam acara Business Gathering bersama seluruh eksportir kelapa kota Palembang di Hotel Aryaduta, Palembang, Jumat (25/3/2021).

Hafni menyebutkan, berdasarkan sistem data perkarantinaan IQFAST di wilayah kerjanya tercatat pada tahun 2019, Karantina Pertanian Palembang telah lakukan sertifikasi ekspor kelapa sebanyak 291,9 ribu ton atau senilai Rp 211,1 miliar dengan frekuensi pengiriman 1.015 kali.

Mengenal Sosok Bhai Atta Ul Karim, Sultan Karpet Tajir yang Sanggup Sponsori Pernikahan Atta & Aurel

Halaman
123
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved