Breaking News:

Berita OKU

Pro Kontra Ditunjuknya Johan Anuar Jadi Bupati OKU, Ketua DPRD : sudah Sesuai UU

Ketua DPRD OKU Ir H Marjito Bachri ST menjelaskan, tugas lembaga DPRD OKU menjalankan fungsinya mengusulkan pengisian kepala daerah di Kabupaten OKU.

SRIPOKU.COM/Handout
Pasangan Drs H Kuryana Azis dan Drs Johan Anuar SH MM yang sudah memastikan akan kembali berpasangan di Pilkada 2020 mengusung jargo “Bekerja, Lanjutkan”. 

SRIPOKU.COM.BATURAJA - Ketua DPRD OKU Ir H Marjito Bachri ST menjelaskan, tugas lembaga DPRD OKU menjalankan fungsinya mengusulkan pengisian kepala daerah di Kabupaten OKU.

“Kita melakukan rapat pada batas terakhir untuk pengusulkan, demi menghormati almarhum, setelah habis tujuh hari meninggal, baru dilakukan rapat ini,” kata Ketua DPRD OKU, Selasa (23/3/2021).

Terkait pro kontra dimasyarakat menyikapi keputusan dewan yang mengusulkan Drs Johan Anuar SH MM menjadi Bupati OKU, karena saat ini Johan Anuar sedang menjalani proses hukum.

Menurut Ketua DPRD OKU pihaknya menjalankan fungsinya usulan ini disampaikan kepada gubernur, nantimya gubernur akan menyampaikan ke Menteri Dalam Negeri.

Dasar pengusulan itu berpedoman kepada undang –undang dan semua orang sampai presiden harus tunduk kepada undang-undang.

Menurut, Ketua DPRD OKU, kebijakan itu mengacu kepada Undang -Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Pada Pasal 78 ayat (1) Huruf (A) menyatakan bahwa Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah diberhentikan karena meninggal dunia, serta pada Pasal 79 Ayat (1) menegaskan bahwa pemberhentian Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah diumumkan oleh Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada presiden melalui menteri.

Untuk gubernur dan wakil gubernur serta menteri melalui gubenur sebagai wakil pemerintahan pusat.
Untuk bupati dan atau Wakil Bupati atau walikota dan atau wakil walikota untuk mendapatkan penetapan pemberhentian .

Selanjutnya merujuk pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 173 Ayat (1) menyebutkan dalam hal Gubernur, walikota, bupati berhenti karena meninggal dunia maka wakil gubernur , wakil walikota, wakil bupati menggantikan gubernur, walikota, bupati.

“Maka dari itu kita menyetujui dua Keputusan DPRD OKU yaitu usul pemberhentian Drs H Kuryana Azis sebagai Bupati Ogan Komering Ulu dikarenakan meninggal dunia. Usul penetapan Drs Johan Auar SH MM sebagai Bupati OKU sampai sisa masa jabatan," Terang Ketua DPRD OKU.

Terpisah salah saorang mahasiswa Pasca Sarjana , Zulkifli (51) menilai permasasalahan pengisian jabaran Bupati di Kabupaten OKU memang agak rumit.

Halaman
12
Penulis: Leni Juwita
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved