Breaking News:

Inisiatif PLN Bantu Pelaku Usaha di Lahat

Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap hampir disemua lini kehidupan, tak terkecuali pada para pelaku usaha yang ikut terpukul.

Editor: Yandi Triansyah
Dokumen PLN
PT PLN (Persero) berinisiatif membantu para pelaku usaha melalui program electrifying agriculture. 

SRIPOKU.COM, LAHAT - Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap hampir disemua lini kehidupan, tak terkecuali pada para pelaku usaha yang ikut terpukul.

Beranjak dari hal tersebut, PT PLN (Persero) berinisiatif membantu para pelaku usaha melalui program electrifying agriculture.

Manager UP3 Lahat, Triyono melalui Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan, Martua Dalimunte mengatakan, dalam program memudahkan pelaku usaha di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan dalam mendapatkan akses listrik guna mendorong peningkatan produktivitas, PT PLN berkolaborasi dengan BUMN, seperti Bank BRI dan Bank Mandiri.

“Jadi, di masa pandemi Covid-19 ini banyak pelaku usaha seperti pelaku usaha di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan dalam mendapatkan akses listrik terhambat karena pembiayaan, karena jangkauan listrik jauh, otomatis tidak siap sambung sehingga terbengkalai. Kami (PLN) berinisiatif bagaimana caranya calon pelanggan yang terbengkalai bisa terealisasi kerjamasama,”ujarnya, Kamis (18/3/2021).

Di Kabupten Lahat, kata Martua sudah ada yang telah merasakan program tersebut, yakni Yoyo pengusaha kandang ayam yang memiliki kapasitas sekitar 22.000 ekor ayam di Desa Senabing, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat.

Dengan adanya tambahan daya listrik 53.000 VA, dalam waktu dekat kapasitas produksi peternakan ayam tersebut akan bertambah sebanyak 45.000 ekor.

“Alhamdullilah, usahanya bisa cepat terealisasi dengan adanya program itu,”jelasnya.

Menurut dia, pihaknya hanya menjembatani pelanggan yang tidak punya biaya.

Harapannya, dengan adanya kerjasama seperti ini dunia usaha kita ini bisa tumbuh lagi, harus keluar dari zona sulit.

Sementara, Pimpinan Cabang Bank BRI Lahat, Pradia Baradi mengungkapkan, Electrifying Agriculture merupakan salah satu sinergi BUMN antara PLN UP3 Lahat dan BRI Kantor Cabang Lahat.

Apabila ada pengusaha, seperti peternakan ayam atau agrikulture yang membutuhkan listrik bisa disediakan oleh PLN, dan atas biaya pemasangan listriknya dapat dibantu oleh BRI.

“Pembiayaan oleh BRI diharapkan menjadi alternatif apabila masih terdapat kekurangan modal dalam investasi usaha atas kebutuhan listrik khususnya di bidang agrikulture. Kerjasama BRI dan PLN ini diharapkan dapat membantu sektor ekonomi masyarakat untuk tetap tumbuh khususnya di Kabupaten Lahat,”sampainya.

Selain program tersebut di atas ada juga kabar gembira untuk pelanggan PLN yaitu program Super Electrilife adalah program Discount Tambah Daya cukup membayar Rp. 202.100 dengan cara berbelanja ditoko elektronik yang bekerjasama dengan PLN (syarat dan ketentuan berlaku).

Untuk kabupaten lahat kita sudah bekerja sama dengan Toko Rizky Elektronik yang beralamat di jalan Mayor Ruslan ayo buruan mumpung masih ada kesempatan sd 31 Maret 2021.

Untuk informasi lebih lanjut, Silahkan akses website PLN ataupun melalui aplikasi PLN Mobile.

Baca juga: Bambang Dwiyanto Resmi Nakhoda Baru PLN Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu

Baca juga: Tembus Medan Sulit, PLN Listriki 947 Pelanggan di Kecamatan Sungai Menang Sumsel

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved