Breaking News:

Daftar 5 Provinsi di Indonesia yang Terdeteksi Mutasi Virus COrona B 117, Sumsel Masuk ?

Setelah sebelumnya ditemukan pada 2 Maret lalu, adanya kasus mutasi virus corona B 117 di beberapa wilayah di Indonesia diketahui bertambah.

istimewa
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Setelah sebelumnya ditemukan pada 2 Maret lalu, adanya kasus mutasi virus corona B 117 di beberapa wilayah di Indonesia diketahui bertambah.

Awalnya dua kasus penemuan mutasi virus corona B 117 ini diketahui berada di Karawang, Jawa Barat.

Kasus mutasi B 117 ini bermula dari terdeteksinya keberadaan mutasi ini dari TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang baru pulang dari luar negeri.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Widyawati mengatakan, tambahan mutasi virus corona B.1.1.7 tersebar di empat provinsi seperti yang disampaikan dalam konferensi pers.

"Sumut, Sumsel, Kaltim, Kalsel," katanya kepada Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, kasus tambahan ini didapatkan dari pemeriksaan oleh Badan Litbang dan 16 laboratorium lainnya.

"Penemuan dari B.1.1.7 ini adalah merupakan pemeriksaan genome sequencing yang dilakukan oleh Badan Litbang kesehatan bersama 16 laboratorium lainnya," ujarnya, dikutip dari YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Waspada, 3 Mutasi Baru Virus Corona ini Berhasil Teridentifikasi, Ada Varian B 117

Ilustrasi Mutasi Virus Corona B.1.1.7.
Ilustrasi Mutasi Virus Corona B.1.1.7. (KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)

===

Cepat Menular

Dia menjelaskan bahwa meski mutasi virus ini lebih cepat menular, tetapi WHO belum mendapatkan laporan bukti bahwa mutasi virus ini lebih tinggi tingkat keganasannya.

Halaman
123
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved