Breaking News:

Berita Olahraga

Kepengurusan Kelatnas Perisai Diri Sumsel Terbentuk, Misi Ikut Menyehatkan Masyarakat

Kini mereka menunggu kesiapan Ketua Umum Pusat PD Indonesia Dr Ir Dwi Soetjpto MM, yang juga Kepala SKK Migas untuk melantik.

SRIPOKU.COM/HUSIN
Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang menjadi pusat pelatihan dan pembinaan pesilat Perisai Diri untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan olahraga bela diri. 

PALEMBANG, SRIPO -- Sejumlah pesilat dari Perguruan Perisai Diri (PD) Sumatera Selatan sudah membentuk kepengurusan Keluarga Silat Nasional (Kelatnas).

Kini mereka menunggu kesiapan Ketua Umum Pusat PD Indonesia Dr Ir Dwi Soetjpto MM, yang juga Kepala SKK Migas untuk melantik.

Sementara untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pesilat, saat ini pelatihan dipusatkan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang, termasuk pembinaan pesilat tangguh untuk kalangan remaja masjid di Kota Palembang.

Baca juga: Hari Ini Himssi Generasi Penerus Gelar Rakernas Samakan Visi Misi dan Cetak Pesilat Tangguh

Baca juga: ELSA Silat Lidah, Anting Ditemukan Mama Sarah Jadi Target, Sinopsis Sinetron Ikatan Cinta 11 Maret

Hal itu dikatakan H Zulfikar Ali Fajri SAg, MSi, sebagai Ketua Terpilih Pengurus Perisai Diri Sumsel, Minggu (14/3/2021) usai latihan di BDK Palembang Jalan Demang Lebar Daun.

Menurutnya, Pengurus PD Pusat sudah mengirimkan SK Pengurus PD Sumsel tertanggal 16 Februari 2021.

Setelah SK diterima, mewakili pengurus PD di Sumsel, ia berharap agar Ketua Umum Pusat PD dapat melantik.

“Kami sudah mengajukan surat permohonan pelantikan ke pengurus Pusat. Harapan kami, Pak Ketum dapat hadir dan melantik kami di Sumsel,” ujarnya.

Lebih lanjut, alumnus Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang yang akrab dipanggil Ustadz Zulfikar ini berkeinginan, agar PD di Sumsel berkembang dan menjadi bagian ikut serta menyehatkan masyarakat melalui olahraga beladiri, serta menghasilkan pesilat tangguh yang tidak hanya mampu mengukir prestasi secara lokal, tetapi nasional dan internasional.

Baca juga: Ajang Silaturahmi, 247 Pesilat Bertarung di Kejuaraan Pencak Silat Kota Palembang

Baca juga: 14 Pesilat SMI Sumsel Bertekad Harumkan Nama Sumsel, Rebut Gelar Juara Kejuaraan Silat se Sumatera

Untuk menuju ke arah itu, pengurus PD Sumsel sudah menyiapkan materi pelatihan yang sudah terjadwal dan terprogram secara sistematis.
Oleh sebab itu, sebagai bentuk motivasi bagi Kelatnas PD di Sumsel, sudah beberapa bulan terakhir, PD di Palembang menggiatkan latihan rutin di BDK Palembang, setiap Ahad ba’da Shalat Ashar.

“Melalui latihan ini, kita ingin membangkitkan lagi kejayaan Perisai Diri di Sumsel, yang memang sebelumnya pernah kita raih. Semangat ini menjadi potensi yang sedang kita kembangkan lagi, agar kejayaan Perisai Diri di Sumsel bangkit kembali. Salah satunya melalui latihan rutin," ujarnya.

Zulfikar menambahkan, Perguruan Silat PD bukan hanya berkembang di Indonesia, tetapi juga tumbuh dan meluas di luar negeri, seperti di Australia, Amerika, Jepang, Netherland, Switzerland, Inggris, Timor Leste dan Jerman.

Baca juga: Wanita Tua Unjuk Gigi di Launching Calendar of Charming Event, Ternyata Legenda Silat Palembang

Baca juga: Ajang Silaturahmi, 247 Pesilat Bertarung di Kejuaraan Pencak Silat Kota Palembang

Ini menggambarkan bahwa Kelatnas Indonesia Perisai Diri merupakan perguruan silat modern yang dapat berkembang di berbagai daerah.

Oleh sebab itu, kejuaraan di Perisai Diri melintasi dalam dan luar negeri.

“Dalam kejuaraan, kita ada kejuaraan antar pelajar sejak 2012, kejuaraan nasional antar perguruan tinggi sejak tahun 1975, dan di tingkat internasional, kita ada yang namanya Perisai Diri International Championship yang sudah berlangsung sejak tahun 1990. PDIC ini berawal dari kejuaraan nasional antar provinsi pertama tahun 1964, kemudian sejak 1990 menjadi PDIC,” katanya.

Penulis: Husin
Editor: RM. Resha A.U
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved