Mantan Rektor Unitas Meninggal Dunia

Joko Siswanto Meninggal Dunia, Pengamat Politik Ini Sedih Lihat Pelepasan Jenazah: Jasanya Besar Loh

"Ingat ada sekitar ratusan ribu jiwa disini pernah "mencicipi ramuan" keilmuan darinya, tapi proses pelepasan jenazahnya hanya..."

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM / Abdul Hafiz
Pemerhati Politik yang juga Direktur Eksekutif Forum Demokrasi Sriwijaya Drs Bagindo Togar Butar Butar 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kepergian Drs H Joko Siswanto MSi, mantan Rektor Universitas Taman Siswa (Unitas) dan juga dosen di Universitas Sriwijaya, untuk selama-lamana menyisakan kesedihan untuk Drs Bagindo Togar Butar Butar.

Salah satu pengamat politik di Palembang itu mengaku dirinya salah satu anak didik dari almarhum Joko Siswanto.

"Saya sebagai mantan mahasiswa beliau di Fisip Unsri dan Pasca Sarjana Unitas tersentak dan terbayang akan pendidikan yang diberikan baik itu di dalam maupun di luar Kampus.

Sungguh luar biasa untuk semua yang almarhum curahkan untuk masyarakat pendidikan, pemerintahan dan umum di daerah," ungkap Bagindo Togar kepada Sripoku.com, Sabtu 13/3/2021) malam.

Moeldoko Dipanggil Pak Ketum, saat Pertama Kali Muncul di Medsos Usai KLB : Belanja Sayur

Bagindo yang merupakan mantan Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya (IKA FISIP Unsri) mengaku sosok Joko Siswantol yang menjadikan inspirasi banyak orang hingga menjadi pengamat sosial politik di Sumatera Selatan ini.

"Saya didaulat jadi Cekmat (sebutan pengamat politik) oleh kawan-kawan media ini karena terinspirasi melihat Almarhum Pak Joko inilah," kata Gindo.

Tak hanya sedih kehilangan sosok guru yang sangat dicintai dan yang telah menjadi inspirasi ketika menjelang sore Sabtu 13 Maret 2021, dikejutkan kabar duka cita Sang Guru menghembuskan napasnya yang terakhir di RSMH Palembang.

Drs Ki Joko siswanto meninggal dunia, mantan rektor Unitas Palembang.
Drs Ki Joko siswanto meninggal dunia, mantan rektor Unitas Palembang. (istimewa)

Menurut hitungan pribadi Bagindo, ratusan ribu jiwa yang pernah menerima asupan ilmu pengetahuan dari almarhum Joko Siswanto sejak 35 tahun mengabdi di Sumatera Selatan.

Baik itu di kampus Unsri, PTS maupun beragam pelatihan pendidikan yang lain. Sungguh besar jasa dan pengabdiannya. 

Sri Lestari Warga Linggau Tak Kunjung Pulang Usai Ambil Uang Arisan 3 Juta, Pulang Nak Kasian Anakmu

Tetapi, malam tadi ia merasa ironis mengikuti prosesi pelepasan jenazah almarhum melalui aplikasi zoom dari pelataran RSMH. Palembang.

"Maaf, terkesan sangat sederhana, bahkan armada ambulans yang akan membawa mantan komisioner KPU Sumsel ini juga "Sangat Sederhana"," kata Bagindo.

Di mana pengemudi mobil dan seorang petugas rumah sakit yang menghantar ke tempat kelahirannya di Yogjakarta.

"Miris juga sangat memilukan. Mengapa realitas ini sampai terjadi? Apa sebenarnya yang ada di benak, akal sehat, dan sanubari kita publik wilayah ini?

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved