Breaking News:

Berita OKU Timur

PETANI Asal Lampung Ini Ngaku Petugas Lapas Martapura, Bawa Kabur Motor Warga OKUT, Ini Kronologinya

Namun belum sampai ke lapas martapura, cucu korban diturunkan di depan kampus STIE Trisna Negara Desa Rantau Jaya kecamatan Belitang Madang Raya OKUT

IST
Tersangka KB (39) saat diamankan petugas di Polsek Suku Madang I OKU Timur. 

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Petugas kepolisian OKU Timur berhasil meringkus tersangka penipuan dan penggelapan dalam kurun waktu 1x24 jam pada Selasa (09/3/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Diketahui tersangka adalah KB (39) seorang petani asal Kabupaten Lampung tengah Provinsi Lampung.

Sebelumnya pada Senin (8/3/2021) anggota Unit Opsnal Polsek Madang Suku I mendapatkan laporan polisi adanya tindak pidana penggelapan atau penipuan.

Berupa satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih biru tahun 2014 BG 6501 YAD atas nama Komang Hariyono dan satu Unit Handphone (Hp) merk Vivo Y12 warna merah milik Gusti Ayu (66) yang dibawa kabur oleh tersangka.

Aksi penipuan dan penggelapan tersebut bermula ketika Gusti Ayu sedang membuat sajen, tiba-tiba tersangka yang tidak dikenal oleh korban ini datang mendekati dengan mengendarai sepeda motor Honda Revo hitam tanpa plat.

Kemudian tersangka mengaku sebagai petugas Lapas Martapura dan ia menjanjikan dapat membantu meringankan hukuman anak korban yang bernama Putu yang saat ini ada di lapas Martapura.

Selanjutnya tersangka menukar sepeda motor Honda revo yang di bawanya dengan sepeda motor Honda Beat milik korban,  lalu tersangka mengajak cucu korban dengan alasan untuk membesuk orang tuanya di lapas Martapura.

Namun belum sampai ke lapas martapura, cucu korban diturunkan di depan kampus STIE Trisna Negara Desa Rantau Jaya kecamatan Belitang Madang Raya OKU Timur.

Setelah itu tersangka meninggalkan cucu korban dan membawa pergi sepeda motor milik korban dan mengambil paksa Hp milik cucu korban.

Mendapati laporan tersebut kemudian Kapolsek Madang Suku I AKP Rama Yudha, SH memerintahkan Kanit Reskrim IPDA Prayitno, SH dan di Back up Tim Opsnal Reskrim Polres OKU Timur untuk melakukan pengejaran.

Kemudian kanit Reskrim melakukan koordinasi dengan polsek Penijauan, sekira jam 15.00 WIB anggota opsnal dan anggota polsek peninjauan berhasil mengamankan tersangka sedang melintas di jalan umum Desa Peninjauan Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU dengan mengendarai sepeda motor milik korban.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon S.I.K,.M.H, Didampingi Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan S.I.K,.S.H dan Kapolsek Madang Suku 1 AKP Rama Yudha,SH, melalui Kasubbag Humas IPTU Edi Arianto, membenarkan telah mengamankan satu orang tersangka tindak pidana penggelapan atau penipuan.

"Pada saat dilakukan penggeledahan di temukan satu Unit Hp merk Vivo Y12 warna merah milik korban, kemudian petugas membawa tersangka dan barang bukti ke Polsek Madang Suku I untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut," kata Edi. Jumat (12/3/2021).

Atas perbuatanya yang melanggar Pasal 372 Yo 378 KUHPidana, tersangka terancam hukuman empat tahun penjara.(Edo/TS)

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved