Breaking News:

Tak Banyak yang Tahu, Diet ini Ternyata Bisa Mengganggu Sistem Imun di Dalam Tubuh

Belum lama ini, sebuah hasil studi mengungkapkan jika ada sebuah pola diet yang justru tidak baik untuk kesehatan.

Editor: Ahmad Sadam Husen
https://quarryparkdental.com/
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM -- Belum lama ini, sebuah hasil studi mengungkapkan jika ada sebuah pola diet yang justru tidak baik untuk kesehatan.

Pola diet ini adalah diet tinggi fruktosa yang disebut-sebut dapat menyebabkan gangguan pada sistem imun tubuh dan menyebabkannya tidak berfungsi dengan baik.

Dikutip dari Medical News Today, 26 Februari 2021,, fruktosa sendiri merupakan kandungan gula alami yang biasanya ada dalam buah, madu, dan beberapa jenis sayuran.

Gula fruktosa ini dapat berkontribusi pada diet sehat karena buah dan sayuran biasanya mengandung lebih sedikit gula daripada makanan olahan yang dimaniskan dengan gula.

Di sisi lain, sirup jagung tinggi fruktosa (HFCS) adalah pemanis buatan yang terbuat dari tepung jagung.

Akhir abad lalu, banyak produsen makanan olahan dan minuman ringan, terutama di Amerika Serikat, menggunakan HFCS sebagai alternatif untuk mempermanis produk mereka karena harganya murah.

Pakar kesehatan tidak setuju apakah HFCS lebih berbahaya daripada gula lainnya.

Baca juga: Tips Diet Ampuh dalam Waktu Seminggu, Jangan Sembarang, Ikuti 7 Cara Ini Dijamin BB Turun Cepat

Ilustrasi.
Ilustrasi. (https://www.alodokter.com/)

BPOM Amerika (FDA) menyatakan telah melihat tidak ada bukti bahwa makanan yang mengandung HFCS kurang aman daripada makanan menggabungkan pemanis lainnya.

Meski demikian, penelitian secara konsisten menunjukkan hubungan antara mengonsumsi HFCS dalam jumlah besar dan berbagai kondisi, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit hati berlemak yang tidak terkait dengan alkohol.

Science Daily, 22 Februari 2021, menuliskan, penelitian yang dibuat para peneliti dari Universitas Swansea bekerja sama dengan Universitas Bristol dan lembaga Francis Crick menunjukkan, mengonsumsi makanan yang tinggi gula fruktosa dapat mencegah berfungsinya sistem kekebalan tubuh dengan baik, dengan cara yang hingga saat ini sebagian besar tidak diketahui.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved