Breaking News:

Apa Itu Epigallo, Kandungan Utama Pada Teh Hujau, Ternyata Mampu Menghambat Bahaya Covid-19

Salah satunya bahan alami bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau disingkat Epigallo,ditemukan para ilmuwan dengan komponen utama di teh hijau

IST
Ilustrasi Teh Hijau 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Setahun sudah pandemi Covid-19 melanda Indonesia, mengakibatkan dampak di berbagai sektor kehidupan masyarakat.

Penelitian mengenai berbagai bahan alami untuk mencegah dan menghambat penularan Covid-19 terus dilakukan.

Salah satunya bahan alami bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau disingkat Epigallo, yang ditemukan para ilmuwan dengan komponen utama terdapat dalam teh hijau.

Studi Pakar Farmakologi dari Universitas Airlangga, Surabaya Djoko Purwanto melalui rilis yang diterima Rabu (9/3/2021) mengatakan Epigallo yang terdapat di dalam di dalam teh hijau memiliki manfaat dalam hubungannya dengan beberapa penyakit infeksi, termasuk infeksi virus.

"Antioksidan pada Epigallo memiliki kekuatan 100 kali lebih tinggi dibandingkan vitamin C, dan 25 kali lebih tinggi dibandingkan vitamin E dalam melindungi tubuh," ujarnya.

Medical Advisor LAPI Laboratories, dr. Susi, juga menjelaskan Epigallo merupakan kelompok zat antioksidan yang masuk dalam golongan besar polifenol.

Epigallo memberikan efek positif untuk kesehatan karena memiliki kekuatan antioksidan. 

Sehingga dengan adanya kekuatan antioksidan tersebut, Epigallo yang terdapat di ekstrak teh hijau mampu mengendalikan radikal bebas yang sering terbentuk di dalam tubuh. 

"Radikal bebas yang berlebih dapat memicu stres oksidatif dan dapat berujung pada kerusakan sel dan penyakit kronis,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved