Breaking News:

Pencegahan Covid 19

Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Covid-19 di Asia Tenggara, Ini Komentar DPR RI

Pemerintah Indonesia dan China berencana membangun pusat produksi vaksin Covid-19 di Tanah Air untuk kebutuhan wilayah Asia Tenggara.

(Dok SEKRETARIAT PRESIDEN)
Distribusi vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, saat tiba di Indonesia, akhir Desember 2020. 

SRIPOKU.COM --- Pemerintah Indonesia bersama China berencana membangun pusat produksi vaksin Covid-19 di Tanah Air. Bila terealisasi, ini akan menjadi pusat produksi untuk didistribusikan di wilayah Asia Tenggara.

Rencana itu guna mensuplai kebutuhan vaksin yang dibutuhkan alam jangka panjang, bukan saja untuk warga Negara  Indonesia tetapi juga untuk kebutuhan Asia Tengggara atau ASEAN.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menanggapi rencana pemerintah bersama China menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi vaksin wilayah Asia Tenggara.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Dijual di Pasar Gelap, Polri Diminta Waspadi Sindikat Global Vaksin Palsu

Baca juga: Pejabat Kementerian Pakai Sepeda Mewah Brompton, Hasil Korupsi Bansos Covid-19

"Rencana ini tentunya cukup baik, untuk kita sambut dengan tangan terbuka lebar. Kerja sama yang selama ini dibangun oleh China di kawasan ASEAN, harus diimplementasikan dengan aksi nyata,” kata Azis Syamsuddin di Jakarta, Selasa (09/03/2021).

Menurut Aziz , China telah membuktikan kepeduliannya terhadap negara-negara ASEAN dengan sebuah terobosan dan solusi positif, yang patut didukung.

"Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri dan kementerian terkait lainnya, harus segera melakukan komunikasi serta koordinasi terhadap langkah positif yang ingin dilakukan ini,” katanya.

Baca juga: Dugaan Korupsi BPJS Kesehatan Capai Rp20 Triliun, Mulai Diselidiki Kejakgung

Vaksin Bukan Obat

Kementerian kesehatan menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 untuk membangkit kekebalan tubuh, bukan obat. Vaksin Covid-19 tidak dirancang untuk mencegah penularan virus Corona.

Penegasan ini disampaikan terkait kasus , Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah diketahui terkonfirmasi terkena Covid-19. Padahal yang bersangkutan telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Kasus ini terungkap ketika ia tidak terlihat mendampingi Presiden pad acara peresmian Bendungan Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Serang, Provinsi Banten.

Halaman
12
Editor: Sutrisman Dinah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved