Breaking News:

Bagaimana Cara Membersihkan Rumah yang Kotor Karena Terendam Banjir ? Ini Caranya

Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir menyebabkan sebagian wilayah di Indonesia harus terendam banjir.

Tribun Jakarta.com/Annas Furqon Hakim
Anak-anak berenang di area terdampak banjir di RT 05/RW 05, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Banjir merendam sejumlah rumah warga di Jalan Masjid Al Makmur Gang Buntu, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (8/2/2021) 

SRIPOKU.COM -- Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir menyebabkan sebagian wilayah di Indonesia harus terendam banjir.

Hal ini seolah menjadi sebuah masalah klasik yang terjadi hampir setiap tahun dan tak kunjung ditemukan solusinya.

Tidak hanya permasalahan datangnya banjir, ketika surut pun akan timbul masalah baru, yaitu membersihkan rumah serta benda-benda yang terendam akibat banjir.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk membersihkan rumah jika sempat terendam banjir ?

===

Utamakan Keselamatan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan membersihkan rumah pasca banjir adalah memastikan keselamatan seluruh penghuni rumah.

Seperti dilansir dari laman Goodhousekeeping, ada beberapa langkah awal yang sebaiknya harus Anda lakukan sebelum Anda membersihkan lantai dan perabotan dari sisa-sisa banjir.

Baca juga: Lebih 200 Rumah Warga di Prabumulih Terendam Banjir, Sekda : Kami Saja Pakai Perahu tak Bisa Lewat

Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan Sungai Ogan meluap dan beberapa bagunan di dekat bantaran Sungai Daerah Alirahn Sungai (DAS)  terendam banjir Sabtu (9/5/2020) malam. Foto dokumen Polsek Ulu Ogan
Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan Sungai Ogan meluap dan beberapa bagunan di dekat bantaran Sungai Daerah Alirahn Sungai (DAS) terendam banjir Sabtu (9/5/2020) malam. Foto dokumen Polsek Ulu Ogan (SRIPOKU.COM/LENI JUWITA)

1. Cek Sekeliling Rumah

Jika Anda sempat menyelamatkan diri ke pengungsian, jangan langsung membiarkan anggota keluarga memasuki rumah sebelum kondisi rumah dicek dengan teliti.

Halaman
1234
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved