Breaking News:

Berita Palembang

BBPJN Sumsel Anggarkan Rp1,59 Triliun, Proyek 2 Fly Over hingga Perbaikan Jalan, 64 Paket Prioritas

Kepala BBPJN Sumsel, Kgs Syaiful Anwar, mengatakan total ada 64 paket yang akan menjadi prioritas pemeliharaan dan penambahan jalan di Sumsel.

Sripoku.com/ Kim
Lokasi Rencana Pembangunan Flyover Simpang Sekip-Angkatan 66 Palembang 

Laporan wartawan Sripoku.com,  Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pada tahun ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah Sumatra Selatan menganggarkan dana sebesar Rp1,59 triliun dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN), untuk perbaikan jalan nasional di Bumi Sriwijaya. 

Kepala BBPJN Sumsel, Kgs Syaiful Anwar, mengatakan total ada 64 paket yang akan menjadi prioritas pemeliharaan dan penambahan jalan di Sumsel.

Proses perbaikan jalan nasional pun sudah mulai dilakukan sejak Januari 2021 lalu, terutama jalan nasional yang berada di Kota Palembang.

"Sudah dimulai awal tahun kemarin perbaikan jalan nasional di Palembang. Sebelum lebaran akan dilanjutkan ke Jalan Lintas Timur (Jalintim)," katanya, Minggu (7/3/2021).

Dijelaskannya, akses-akses jalan nasional di Palembang yang diperbaiki berada di sepanjang jalur Light Rail Transit (LRT) Palembang.

Mulai dari Jalan Letjen Harun Sohar, Sultan Mahmud Badaruddin II dan Kolonel H Burlian. Selain itu, ada juga perbaikan jalan Residen Abdul Rozak, Soekarno Hatta dan sejumlah ruas jalan lainnya.

Tidak hanya itu, BBPJN mencatat ada 22 lokasi longsor di Jalan Nasional di Sumsel yang akan mendapat perhatian untuk diperbaiki. Adapun untuk pemeliharaan jalan nasional sepanjang 1.517,46 kilometer, peningkatan jalan nasional sepanjang 47,38 kilometer,  pembangunan jalan baru sepanjang 10,8 kilometer. 

"Palembang gerbangnya Provinsi Sumsel, jadi perbaikan jalan menjadi prioritas kami.  Perbaikan jalan Palembang umumnya di sepanjang jalur LRT," jelas Syaiful. 

Tak hanya perbaikan jalan dan penangangam akses jalan longsor, pada tahun ini juga BBPJN Sumsel mengklaim bakal mulai membangun dua Fly Over baru di Sumsel yakni, di Kota Palembang dan Prabumulih.

Pembangunan Fly Over dilakukan, untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di dua kota. 

Baca juga: Rabu Depan Clear, Dana Pembebasan Lahan Fly Over Angkatan 66 Rp 80 Miliar: 4 Kantor Direlokasi

Baca juga: BBPJN Sumsel Siapkan Dana Rp 1,59 Triliun untuk Perbaikan & Pembangunan Jalan di Sumsel di 2021

Untuk Fly Over Simpang Sekip Palembang, pihaknya telah menganggarkan pembangunan di APBN tahun ini. Sedangkan untuk Fly Over Prabumulih yang berada di Kelurahan Patih Galung akan dibangun di perlintasan kereta api. Selama ini lokasi tersebut sering menjadi sumber kemacetan. 

Di Provinsi Sumsel Syaiful menyebut ada sekitar 12 perlintasan sebidang yang melalui jalan nasional. Perlintasan sebindang ini direncanakan semuanya akan dibangun fly over. 

"Fly over di Palembang dan Prabumulih kita masih tunggu pembebesan lahannya.  Nantinya satu persatu di perlintasan sebidang  di Sumsel akan kita buat Fly Over, sehingga tidak ada lagi kemacetan," ungkap Syaiful. 

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved