Breaking News:

Virus Corona

Viral, Laporan Sementara Penyelidikan Asal Usul Covid-19 Akan Dibatalkan WHO

Hingga saat ini belum ada kejelasan asal-usul Covid-19 yang selama ini berawal Wuhan China.

kontan/REUTERS/Aly Song
ILUSTRASI. Tim WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 berencana untuk membatalkan laporan sementara tentang misinya baru-baru ini ke China. 

SRIPOKU.COM—Hingga saat ini belum ada kejelasan asal-usul Covid-19 yang selama ini berawal Wuhan China. Selama ini masih ada kesimpang siuran asal usul pendemi yang saat ini   sudah berakibat mendunia.  

Dilansir KONTAN.CO.ID, Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul Covid-19 berencana untuk membatalkan laporan sementara tentang misinya baru-baru ini ke China. 

Wall Street Journal melaporkan pada hari Kamis (4/3/2021), langkah ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Beijing dan Washington atas penyelidikan tersebut dan seruan dari kelompok ilmuwan internasional untuk penyelidikan baru.

Melansir Reuters, di Jenewa, juru bicara WHO Tarik Jasarevic mengatakan dalam balasan email: "Laporan lengkap diharapkan akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang."

Tidak ada informasi lebih lanjut yang tersedia tentang alasan penundaan publikasi temuan misi yang dipimpin WHO ke kota Wuhan di China tengah, tempat kasus manusia pertama Covid-19 terdeteksi pada akhir 2019. 

Menurut Dominic Dwyer, salah satu penyelidik tim WHO pada bulan lalu, data tentang kasus awal Covid-19 berpotensi mempersulit upaya untuk memahami bagaimana wabah itu dimulai.

Reuters memberitakan, penyelidikan WHO telah dihambat oleh sejumlah hal seperti penundaan, kekhawatiran atas akses dan pertengkaran antara Beijing dan Washington, yang menuduh China menyembunyikan sejauh mana wabah awal dan mengkritik ketentuan kunjungan.

Tim, yang tiba di China pada Januari dan menghabiskan empat minggu mencari asal muasal wabah, terbatas pada kunjungan yang diselenggarakan oleh tuan rumah China dan dicegah dari kontak dengan anggota komunitas, karena pembatasan kesehatan. Tim WHO menghabiskan dua minggu pertama dengan karantina di hotel.

Teori China diragukan

Sebelumnya diberitakan, Menyusul penyelidikan WHO bulan lalu, teori China tentang asal usul virus corona kembali diragukan.

Halaman
123
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved