Breaking News:

Berita OKU

Polres OKU Gencar Sosialisasikan SIM Online dan Smart  SIM, Proses Sangat Mudah, Begini Caranya!

Sosiliasi dilakukan melalui  media elektronik (Radio), media sosial (Ig, Fb, Twitter) maupun pemasangan banner – banner di beberapa titik

Sripoku.com/Leni Juwita
Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM 1122 Satlantas Polres OKU terus melakukan sosialisasi SIM ONLINE dan SMART SIM. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM 1122 Satlantas Polres OKU terus   melakukan sosialisasi SIM ONLINE dan SMART SIM.

Kapolres oKU AKBP Arif Hidayat Ritonga SIK MH didampingi Kasat Lantas Polres OKU AKP Amalia Karttika SE SIK menjelaskan, pihaknya memang sedang gencr-gencarnya melakukan sosialsasi  SIM ONLINE dan SMART SIM.

Sosiliasi dilakukan melalui  media elektronik (Radio), media sosial (Ig, Fb, Twitter) maupun pemasangan banner – banner di beberapa titik wilayah Kabupaten OKU.

Dengan adanya layanan sim online dan smart sim dapat memudahkan masyarakat khususnya diwilayah Kabupaten OKU yang ingin membuat SIM  karena pemohon SIM dapat membuat SIM baru dan perpanjangan di semua Satpas yang telah online tanpa terikat dengan KTP domisili namun pemohon harus tetap datang dan hadir ke Satpas.

Pemohon SIM juga dapat melakukan registrasi SIM online dengan mendaftar melalui website resmi Korlantas Polri di www.korlantas.polri.go. Masyarakat bisa langsung t mengakses program melalui website yang disediakan.

Dikesempatan itu Kapolres OKU menjelaskan, SIM Online adalah program yang dibuat oleh Kepolisian Republik Indonesia sebagai sarana yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin membuat dan memperpanjang SIM.

Tujuan dari program ini adalah untuk mempermudah dan mempersingkat proses pembuatan serta perpanjangan SIM dibanding cara konvensional.

SIM Online dapat diakses dari seluruh daerah di Indonesia, yang berarti tidak harus di kantor polisi yang sesuai dengan daerah pada alamat di KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Kapolres didampingi Kasat Lantas juga menjelaskan beberapa keunggulan dari Penggunaan SIM Online yaitu dalam membuat dan memperpanjang SIM tidak perlu lagi berjam-jam mengantri di loket pendaftaran dan pembayaran yang biasa terjadi saat mengurus SIM.

Hal ini tentunya membantu  lebih menghemat waktu dan tenaga karena hanya perlu mengakses melalui internet. Prosesnya juga tentu jauh lebih cepat dibanding mendaftar di loket pendaftaran offline.

Kemudian  Data Terintegrasi,  data yang dimasukkan pada program SIM Online nantinya akan terintegrasi dengan data dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil.

Hal ini karena salah satu persyaratan untuk mendaftar SIM Online adalah menggunakan e-KTP,  sehingga datanya sudah tersimpan dengan baik. Integrasi data ini juga akan memudahkan pihak kepolisian dalam melakukan monitoring dan reporting data yang ada.

Keunggulan berikutnya  Bisa Diakses dari Mana Saja, jika biasanya seseorang harus pulang kampung atau kembali ke daerah asal yang sesuai dengan alamatnya di KTP untuk mengurus SIM, sekarang tidak lagi.

SIM Online bisa diakses dan diurus dari mana saja, seluruh daerah di Indonesia. Nantinya pengurusan secara offline setelah mendaftar SIM Online bisa dilakukan di lokasi terdekat yang dipilih.

Penulis: Leni Juwita
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved