Breaking News:

Berita Palembang

TIM Pencari Fakta Telusuri Jejak Penemuan Prasasti Talang Tuo, Lokasi Sudah Dikelilingi Kebun Sawit

Selain lokasi penemuan, tim pencari juga menyisir dan memeriksa kolam-kolam di sekitar situs yang berkaitan dengan sejarah Prasasti Talang Tuo.

Sripoku.com/Maya Citra Rosa
Tim Pencari fakta tengah melakukan pengecekan di lokasi penemuan Prasasti Talang Tuo Kawasan Talang Kelapa, Kecamatan Sukarami, Palembang, Senin (1/3/2021). (Foto insert ; Prasati Talang Tuo) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Menanggapi isu mengenai lokasi penemuan Prasasti Talang Tuo di Dusun Talang Tuo atau sekarang Talang Kelapa, Sukarami, Palembang saat ini sudah dikelilingi oleh perkebunan sawit dan pemukiman warga.

Bahkan, kabar terbarunya, di sekitar lokasi tersebut akan dibangunnya pondok pesantren. 

Hal ini mendapat respon dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel dengan membentuk tim pencari fakta.

Hasilnya, tim pencari fakta mendatangi dan mengecek langsung lokasi penemuan Prasasti Talang Tuo tersebut pada Senin (1/3/2021).

Selain lokasi penemuan, tim pencari juga menyisir dan memeriksa kolam-kolam di sekitar situs yang berkaitan dengan sejarah Prasasti Talang Tuo.

Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal Sarkomi mengatakan tim pencari fakta tersebut terdiri dari Balai Arkeologi Sumsel dan Budayawan Sumsel untuk menelusuri jejak Prasasti Talang Tuo secara lebih detail dan mendalam.

“Sehingga tujuan jejak prasasti ketemu dan betul-betul diyakini di kawasan itu pernah ditemukan Prasasti Talang Tuo itu, seperti koordinatnya mendekati itu, sehingga kita akan bisa buatkan replikanya untuk kita taruh di tempat itu,” ujarnya saat diwawancarai Rabu (3/3/2021).

Selain itu, Disbudpar juga akan berkomunikasi dengan penduduk sekitar, termasuk Anggota DPRD Kota palembang, Akbar Alfaro untuk dapat turut membantu tim pencari fakta melaksanakan tugasnya.

"Kita sudah lakukan pendekatan dengan pemilik lahan sekitar, mereka juga akan ikut melindungi, bahkan kawasan akan dibersihkan dan membuat jalan khusus nantinya," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved