Breaking News:

Segera Ganti Kartu ATM Anda, Ini Beda Kartu ATM yang Pakai Chip dengan yang Pakai Pita Magnetik

Beberapa pihak perbankan di Indonesia sudah mulai memberikan himbauan kepada para nasabahnya untuk segera melakukan penggantian kartu ATM.

SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi, para pemilik kartu ATM dihimbau untuk segera bermigrasi dari kartu ATM lama tipe magnetic stripe ke tipe baru atau chip. 

SRIPOKU.COM -- Beberapa pihak perbankan di Indonesia sudah mulai memberikan himbauan kepada para nasabahnya untuk segera melakukan penggantian kartu ATM.

Penggantian kartu ATM ini adalah penggantian dari model lama yang memakai magnetic stripe (pita magnetik) ke kartu ATM yang memakai sistem chip.

Kebijakan penggantian kartu ATM ini sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia yang tertuang dalam Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Dalam dokumen Frequently Asked Questions terkait aturan ini, dikutip pada Minggu (28/2/2021), BI menulis :

“Pada prinsipnya, Kartu ATM/Debet yang diterbitkan di Indonesia wajib menggunakan teknologi chip yang telah disepakati oleh industri dan ditetapkan oleh Bank Indonesia sebagai standar nasional teknologi chip untuk Kartu ATM/Debet.”

Baca juga: Tepat 7 Hari Istri Meninggal, Pensiunan PNS Diusir dari Rumah, Uang di ATM Dikuasai Ipar

===

Batas Waktu

Bank Indonesia juga menjelaskan, proses pergantian dari ATM lama ke ATM teknologi chip paling lambat dilakukan sebelum 31 Desember 2021 untuk seluruh Kartu ATM, Kartu Debet, terminal ATM, terminal EDC dan sarana pemrosesnya.

Apabila sampai tanggal 31 Desember 2021 belum diganti maka kartu ATM/debet yang memakai teknologi magnetic stripe masih bisa dipakai namun hanya untuk transaksi pada rekening yang diperjanjikan bersaldo maksimal Rp 5 juta.

Lantas apa perbedaan kartu ATM lama berbasis magnetic stripe dan yang baru berbasis chip?

Ilustrasi kartu ATM dengan sistem magnetic stripe atau pita magnetik.
Ilustrasi kartu ATM dengan sistem magnetic stripe atau pita magnetik. (SRIPOKU.COM/ANTON)

Baca juga: Jangan Panik, Ini Syarat Mengurus ATM Hilang, Mudah ga Pake Ribet

Halaman
123
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved