Breaking News:

Virus Corona di Palembang

Prof Yuwono: Insya Allah Virus Corona Segera Terkendali

Virus corona sudah bermutasi layaknya varian dari virus-virus lainnya yang dengan mudah bermutasi dari bentuk semula menyebar ke publik.

Dok Pribadi
Ahli Mikrobiologi Sumsel, Prof Yuwono. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ahli Mikrobiologi Sumsel, Prof Yuwono belum memastikan apakah virus corona varian baru B117 yang ditemukan di Jawa Barat sudah masuk atau belum ke Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk mengetahui adanya varian baru suatu virus, diakui Yuwono harus diperiksa terlebih dahulu genom virus corona yang ada.

Varian baru suatu virus tidak bisa sekadar melalui data klinis saja sebelum dilakukan penelitian mendalam.

"Saya belum tahu Corona B117 sudah ada belum di Sumsel, karena untuk tahu adanya varian baru diperiksa genom virusnya bukan sekadar dari data klinis," katanya, Rabu (3/3/2021).

Kendati belum mengetahui secara pasti sebaran Corona B117 di Sumsel, namun Yuwono mengungkapkan bahwa virus corona sudah bermutasi layaknya varian dari virus-virus lainnya yang dengan mudah bermutasi dari bentuk semula menyebar ke publik.

"Virus ini sudah bermutasi. Ini biasa dalam konteks ilmu virus (virologi). Apakah ini mudah bermutasi, menurut saya sama saja dengan varian lainnya," jelas Yuwono.

Yuwono menambahkan, sebaran virus corona di Indonesia khususnya di Sumsel sebarannya masih naik turun atau fluktuatif.

Dengan kondisi tersebut, Yuwono memprediksi sebaran virus corona di Tanah Air belum hilang dalam waktu dekat.

Namun demikian, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah ia meyakini Covid-19 saat ini segera terkendali.

"Kemungkinan hilangnya corona masih belum, tapi sekarang indikasinya terjadi penurunan kasus dan Insya Allah segera terkendali," ungkapnya.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved