Breaking News:

PLTS Tanjung Raja yang Dibangun PTBA Resmi Beroperasi Ini Kata Warga

Warga Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, sambut suka cita atas diresmikannya PLTS Tanjung Raja oleh PTBA

Editor: adi kurniawan
Humas PTBA
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS Tanjung Raja yang dibangun melalui dana CSR PT Bukit Asam, Rabu,(3/3/2021). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -- Warga Desa Tanjung Raja Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, sambut suka cita atas diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tanjung Raja yang dibangun melalui dana CSR PT Bukit Asam, Rabu,(3/3/2021).

Hal ini dikatakan langsung oleh Kades Tanjung Raja Hisuliadi dihadapan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin.

Dikatakan Hisuliadi, bahwa selama ini masyarakat Desa Tanjung Raja rata-rata berprofesi sebagai petani.

"Dan selama ini, masyarakat kami selalu mengandalkan dengan menanam pada tada hujan, dan karena itu, saat musim kemarau tiba, sawah-sawah petani kami tidak mendapatkan aliran air, sehingga membuat pada yang ditanam ikut kering dan terancam gagal panen,"katanya.

Namun lanjutnya, saat ini hal itu tidak akan dirasakan lagi oleh masyarakat Desa Tanjung Raja, karena setelah adanya bantuan PLTS dari CSR Bukit Asam ini, diharapkan akan dapat membantu para petani dalam solusi masalah irigasi air.

"Sehingga diharapkan dengan adanya PLTS ini,para petani yang ada di desa Tanjung Raja ini bisa melakukan panen padi 3 kali dalam setahun dan dapat meningkatkan produksi beras dan bisa menyokong swasembada pangan kita," katanya.

Dilain pihak, Gubernur Sumsel Herman Deru juga mengapresiasi PTBA yang telah bersinergi dan peduli terhadap masyarakat disekitar ring I PTBA.

"Semoga dengan adanya PLTS ini akan semakin meningkatkan semangat para petani untuk bercocok tanam sehingga bisa meningkatkan produksi pada dan beras kita," katanya.

Dilain pihak, Sekper PT Bukit Asam Apollonius Andwie didampingi SM CSR PT Bukit Asam Hartono mengatakan, bahwa Bantuan Pompa Irigasi Tenaga Surya di Desa Tanjung Raja Kecamatan Muaraenim Kabupaten Muaraenim. 

"Pompa tersebut merupakan Pompa Jenis Submersible yang memiliki kemampuan dapat menyedot air yang mengandung lumpur. Kapasitas pompa adalah 50 lps (liter per second) atau 50 liter/detik dengan head mencapai 30 meter," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa bantuan tersebut terdiri dari 1 unit pompa submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake berukuran 1,5x3 meter dengan kedalaman 4 meter. 

Pompa irigasi berdaya 11 kW ini akan disokong listriknya oleh PLTS berkapasitas 18,7 kW yang menggunakan 140 keping panel surya. 

"Lahan yang akan dialiri seluas 63 hektar dengan perkiraan hasil panen 3 kali setahun mencapai 567 ton. Sebagai informasi, sebelum adanya bantuan ini, panen hanya dapat dilakukan 1 kali per tahun dengan hasil sekitar 189 ton,

Program PLTS ini merupakan salah satu dari sederet rangkaian ekspansi PTBA di proyek energi baru dan terbarukan yang terus dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir," katanya.

Selain itu lanjutnya,Sebelumnya PTBA juga telah merampungkan beberapa proyek PLTS yang signifikan, antara lain PLTS di Bandara Soekarno Hatta bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II, PLTS Irigasi Pesawaran, PLTS Irigasi Talawi, dan PLTS untuk Yayasan Az-Zawiyah di Kabupaten Ogan Ilir.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved