Breaking News:

Petani Karet di Linggau Terkejut Kalau Harga Karet Tembus 10 Ribu, Tahunya 7000 Sudah Paling Tinggi

"Belum tau kalau ada kenaikan, untuk harian kami jual masih Rp 5 ribu sampai Rp 7 ribu, sementara untuk mingguan karet kering masih Rp 9 ribu,"

tribunsumsel/eko
Seorang petani karet di Lubuklinggau. 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - Saat ini harga getah karet di Lubuklinggau  untuk harian masih dikisaran Rp 5 ribu- 7 ribu per kilogram.

Kabar akan naiknya harga karet kering beberapa hari terakhir di Sumsel, hingga menyentuh angka puluhan ribu rupiah per kilogram, belum dirasakan para petani.

Cali (55 tahun), salah satu penyadap karet di Kelurahan Lestari, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1, merasa terkejut mendengar harga karet naik hingga menyentuh puluhan ribu.

Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA sampai S1 di Rumah Sakit Paru Jember, Tertarik ? Ini Syaratnya

"Belum tau kalau ada kenaikan, untuk harian kami jual masih Rp 5 ribu sampai Rp 7 ribu, sementara untuk mingguan karet kering masih Rp 9 ribu," kata Cali pada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Warga Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I ini mengatakan bila informasi kenaikan itu benar,  mereka pun sangat bersyukur.

Menurutnya, naiknya harga karet akan membuat tarap hidup para petani meningkat.

"Saya ini jual harian dengan bulan, untuk yang bulanan hasil karet kering yang kita simpan, setelah banyak baru kita jual ke gudang, tapi kemarin saya jual masih dibeli dengan harga biasa," ungkapnya.

Cali dan para petani lainnya saat ini tidak mau berharap terlalu banyak kepada pemerintah untuk menaikkan harga karet hingga mencapai puluhan ribu.

Gerard Pique Terdiam, Cristiano Ronaldo & Wijnaldum Pernah Buat Patah Hati Istrinya, Shakira: Tidak!

Ia mengaku harga karet mencapai Rp 10 ribu saja mereka sudah sangat bersyukur.

"Rp 10 ribu saja harga karet kami sudah terbantu, dengan harga segitu kami sudah bisa beli pupuk, bisa bayar sekolah, biaya kuliah anak dan beli beras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved