Breaking News:

Jika Tahun Lalu Full Alokasi Bantuan Jargas, 2021 Ini Palembang Terancam tidak Kebagian dari Pusat

Pemerintah Kota Palembang tahun ini kemungkinan besar tak menerima jatah bantuan Jaringan Gas (Jargas) lagi dari Kementerian ESDM untuk tahun 2021. 

sripoku.com/rahmaliyah
Instalasi Jargas yang dipasang di salah satu rumah warga di Jalan KH Wahid Hasyim. 

Laporan wartawan Sripku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang tahun ini kemungkinan besar tak menerima jatah bantuan Jaringan Gas (Jargas) lagi dari Kementerian ESDM untuk tahun 2021. 

Pasalnya, Kementerian ESDM lebih memprioritaskan alokasi bantuan Jargas untuk daerah yang belum mendapatkan alokasi Jargas di tahun 2020.

Kabag SDA Kota Palembang, Zulkifli, menjelaskan tahun lalu meski dalam kondisi pandemi Covid-19, Palembang masih mendapatkan alokasi jargas sebanyak 10 ribu dan hanya Palembang yang mendapatkan full alokasi bantuan Jargas.  

Lirik Lagu Sirah Nabawiyah oleh Alma Esbeye Tentang Anak Yatim Lengkap Terjemahan Bahasa Indonesia

Meski begitu, Pemkot Pemerintah Kota Palembang tetap mengupayakan agar bisa kembali menerima alokasi Jargas dari pemerintah pusat. 

"Ini karena ada relokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi.

Tapi kami upayakan tahun ini mengusulkan 20 ribu sambungan rumah. Sebab, masih ada daerah yang belum terpasang," katanya, Rabu (3/3/2021)

Di sisi lain, bantuan pemasangan Jargas tahun ini sedikit berbeda peruntukkannya dengan tahun lalu, karena lebih difokuskan untuk menutupi kekosongan di rumah yang wilayahnya sudah ada jargasnya.

"Jadi bukan daerah baru, tapi ini kita usulkan untuk di wilayah yang sudah terpasang jargas tapi yang ada rumah yang belum terpasang karena dulu menolak, tapi baru mau memasang sekarang karena melihat manfaatnya," jelasnya. 

Potret Pria Bertato Palingkan Muka, Takut Disuntik Vaksin Covid-19 di Pasar Cinde Palembang

Ini merupakan lanjutan dari pemasangan  sebanyak 10 ribu SR jargas didapat di 2020 lalu yang sudah terpasang semua bantuan dari Kementrian ESDM.

"Walau untuk bantuan Jargas Kementrian belum pasti, tapi kan program SP2J masih berjalan untuk pemasangan Jargas ke rumah tangga," katanya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved