Breaking News:

CATAT Mulai Hari Ini Diberlakukan DP 0 Persen atau Rp 0 untuk Kredit Rumah KPR, Ini Ketentuannya!

(Apersi provinsi Sumsel sangat menyambut baik, dan diharapkan bisa menggairan  bisnis perumah yang lesu akibat pandemi Covid-19.

IST
Perumahan MBR 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Mulai hari ini, Senin (1/3/2021), kredit pemilikan rumah (KPR) dengan uang muka (down payment/ DP) 0 persen mulai berlaku.

Menyikapi hal tersebut Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) provinsi Sumsel sangat menyambut baik, dan diharapkan bisa menggairan  bisnis perumah yang lesu akibat pandemi Covid-19.

"Kebijaksanaan relaksasi dari BI tentang KPR tanpa DP, sedikit membuka peluang untuk menggairahkan bisnis perumahan," kata Ketua DPD Apersi Sumsel Syamsu Rusman, Senin (1/3/2021).

Dijelaskan Syamsu, ia berharap pemerintah pusat juga memperhatikan bagi perumahan komersil dan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), mengingat sektor ini yang berdampak sangat besar akibat pandemi Covid-19, dan juga aturan ketat yang dilakukan perbankan.

Mengingat pemerintah juga sudah memberlakukan insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) bagi kendaraan bermotor khususnya DP 0 persen bagi kredit mobil, yang notabanenya pembeli mayoritas kelas menengah keatas.

"Ini berhadapan langsung dengan kebijaksanaan pembebasan PPnBM mobil. Dan dampak kebijaksanaan ini tidak menyentuh untuk perumahan MBR secara langsung, relaksasi tentang DP O persen untuk rumah komersial seyogianya juga di samakan dengan kebijaksanaan pembebasan PPNBM untuk mobil," tututnya.

Ditambahkan Syamsu, aturan soal DP 0 persen itu bisa dilakukan untuk rumah komersil dengan harga tertentu.

"Misalnya, dengan batasan harga rumah 500 juta, dilakukan bebas PPn juga," harapnya.

Seperti diketahui Bank Indonesia (BI) menggulirkan kebijakan DP nol rupiah ini sejak pertengahan Februari 2021.
Pemberian DP KPR 0 persen ini bisa diberikan oleh bank-bank sesuai ketentuan.

"Untuk semua jenis properti, baik rumah tapak, rumah susun, serta ruko/rukan)," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi video, Kamis (18/2/2021).

Halaman
12
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved