Breaking News:

Berita Palembang

Apa Itu Kasus 3C, Curas, Curat dan Curanmor, Berikut Penjelasan Katim Hergon

Mungkin sebagian masyarakat sudah mengetahui apa itu kasus 3C, namun sebagian masyarakat juga masih tidak mengetahui apa arti

SRIPOKU.COM / Bayazir Al Rayhan
Katim Opsnal Unit 1 Subdit Jatanras Polda Sumsel, Heri Gondrong 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Mungkin sebagian masyarakat sudah mengetahui apa itu kasus 3C, namun sebagian masyarakat juga masih tidak mengetahui apa arti dan kepanjangan dari kasus kriminal 3C yang sering diungkap oleh pihak kepolisian.

Kasus 3C sendiri merupakan singkatan dari Curas, Curat, dan Curanmor.

Curanmor sendiri mungkin sudah tidak asing didengar oleh masyarakat.

Kasus kejahatan pencurian kendaraan bermotor ini adalah kasus kejahatan yang paling sering terjadi di tengah masyarakat terutama di Kota Palembang.

Sementara untuk kasus Curas dan Curat sendiri mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahui.

Katim Opsnal Unit 1 Subdit 3 Jatanras Polda Sumatera Selatan, Aiptu Heri Kusuma Jaya atau akrab dikenal dengan Katim Heri Gondrong memberikan sedikit pengetahuan mengenai hal tersebut.

"Kasus Curas merupakan kasus pencurian dengan kekerasan yang kebanyakan pelaku tindak kriminal ini saat melakukan aksinya selalu tak segan-segan untuk melukai korbannya," kata Katim Hergon, Rabu (24/2/2021).

Kasus curas sendiri lebih kepada para pelaku saat beraksi mengambil barang seseorang yang bukan haknya secara paksa sampai melukai korban.

"Kasusnya itu seperti penjambretan, pembegalan, perampokan. Para pelaku kejahatan ini tak segan untuk melukai korban jika pelaku merasa terancam oleh korbannya yang mencoba melawan," lanjut Katim Heri Gondrong.

Sementara itu, pencurian dengan pemberatan (Curat) dikategorikan sebagai tindak pidana pencurian yang dilakukan tidak dengan kekerasan.

"Seperti pencurian bongkar rumah, melakukan pencongkelan rumah kosong dan mengambil barang milik korban tanpa sepengetahuannya," lanjut Katim Opsnal satu ini.

Kasus beberapa waktu lalu yang diamankan oleh Unit 1 Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel yakni pencurian di sebuah kost milik kakak perempuan Heri Gondrong yang dilakukan oleh seorang pecatan polisi.

Kasus pencurian tersebut masuk dalam kasus pencurian dengan pemberatan, karena para pelaku melakukan aksi pencurian tersebut tanpa sepengetahuan pemilik kost.

Baca juga: Resep Tempe Penyet Cabai Hijau Petai, Aroma Bumbu Khas Daun Kemangi Bikin Perut Jadi Lapar

Baca juga: KENA Provokasi, Massa Kepung KBRI Yangon: Ada Manuver Seolah-olah Indonesia Dukung Pemilu Ulang

Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved