Breaking News:

Termasuk Toyota Rush, 5 Mobil Toyota Ini Akan Dapat Kebijakan Pajak Nol Persen, Harga Lebih Murah

Berdasarkan perhitungan, tipe Toyota yang akan mendapatkan pengurangan PPnBM adalah Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta.

SRIPOKU.COM / Tatik
Pegawai TAG memperlihatkan mobil Toyota Rush, mobil paling banyak terjual, Minggu (2/2/2020) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Kebijakan pemerintah yang bakal memberikan pajak PPnBM, yang rencananya akan mulai berlaku bulan Maret, dirasakan oleh showroom mobil.

Karena membuat konsumen menunda membeli mobil, karena menunggu kebijakan tersebut digulirkan.

Kepala Cabang Auto2000 Plaju, Handi Soen mengatakan, saat ini penjualan masih cukup bagus, walaupun memang ada penundaan pembelian mobil baru.

"Iya memang ada penundaan pembelian mobil, tapi penjualan Januari dan Februari masih bagus  sesuai on the track," ujar Handi Soen ketika dikonfirmasi, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Pendaftaran Akmil TNI AD Dibuka Sampai 25 April Secara Online di Link Ini, Berikut Tata Caranya

Baca juga: Aturan Karyawan Bisa Dikontrak Sampai 5 Tahun & Pesangon PHK Boleh Diberikan Separuh, Ini Penjelasan

Dari informasi yang ada, bahwa aturan yang dibuat sebagai upaya meningkatkan gairah industri sektor otomotif, ini penerapannya dibagi secara bertahap, yaitu diskon PPnBM sebanyak 100% di bulan Maret – Mei 2021, 50% di bulan Juni – Agustus 2021, dan terakhir 25% di bulan September – November 2021.

Dalam skemanya, tidak semua tipe mobil mendapatkan keringanan pajak.

Kebijakan relaksasi PPnBM, hanya berlaku pada model-model CKD dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc dan mempunyai kandungan komponen lokal lebih dari 70%. 

Berdasarkan perhitungan, tipe Toyota yang akan mendapatkan pengurangan PPnBM adalah Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Yaris, Toyota Vios, dan Toyota Sienta.

Sementara, model yang masuk dalam cluster LCGC yakni Toyota Agya dan Toyota Calya tidak diberikan keringanan lantaran PPnBM-nya sudah 0%.

"Kelima tipe mobil inilah yang paling banyak dibeli konsumen, atau best seller sehingga cukup berdampak karena konsumen, menunggu Maret nanti baru akan membeli," ujar Handi.

Dia mengatakan, sebenarnya konsumen tetap bisa memesan kelima tipe mobil tersebut saat ini karena juga nantinya akan disesuaikan saat kebijakan tersebut digulirkan.(TS/TNF)

Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved