Breaking News:

REI Muara Enim Targetkan 1200 Rumah Subsidi KPR, Optimis Bisa Tercapai

Komisariat REI Muara Enim menargetkan serap 1.000 - 1.200 rumah subsidi KPR pada tahun 2021.

sripoku.com/ardani
Ketua REI Muara Enim : Andika Dian Permana 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Komisariat Real Estate Indonesia (REI) Muara Enim mematok target menyerap  1.000 - 1.200 rumah subsidi KPR pada tahun 2021.

Ketua komisariat REI Kabupaten Muara Enim Andika Dian Permana, menyatakan hal tersebut usai pelantikan pengurus Komisariat Real Estate Indonesia (REI) Muara Enim di Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (23/2/2021). 

"Kita memang ditargetkan oleh  DPD REI Sumsel bisa menyerap 1.000 - 1.200 rumah subsidi KPR selama tahun 2021 ini, dan kami optimis karena masuk logika untuk mencapainya," ujarnya. 

Menurut Andika di Kabupaten Muara Enim, ada 15 pengembang yang tergabung dalam REI dan sebanyak 11 pengembang cukup aktif. Maka  jika masing-masing pengembang tersebut mampu menyerap 1000 - 1.200 rumah subsidi KPR tersebut dalam setahun, maka target 1000 - 1.200 rumah  tentu tidak sulit tercapai.

Dia membenarkan bahwa pandemi Covid 19 membuat perekonomian masyarakat melemah, namun pasarnya tetap masih stabil. 

"Ya meskipun ada yang batal tapi juga tetap ada pasar, karena justru masyarakat berfikir efektif karena dibanding mengontrak lebih baik mengambil rumah," terangnya. 

Untuk tips ke masyarakat agar tidak salah memilih pengembang, sambung Andika, REI Muara Enim akan membuka seluas luasnya informasi mengenai perumahan yang akan dibeli dari pengembang mana.

Sehingga masyarakat tinggal mengatakan apa nama perumahannya maka akan dicek siapa pengembangnya apakah memang aman ataupun tidak untuk mengantisipasi kerugian dari pihak konsumen seperti yang kerap terjadi dimana sudah membayar DP justru tidak terbangun dan pengembangnya malah kabur.

"Kami tidak akan menjelek-jelekan pengembang lain, namun kami akan warning saja kepada konsumen. Kami katakan bagus kalau memang bagus begitupun sebaliknya. Jadi bisa datang langsung ke sekretariat kami di jalan Ade Irma Suryani Perumahan Rapen di Rumah Tumbuh Muara Enim," ujarnya.

Sementara itu Ketua DPD REI Sumsel, Zewwy Salim mengatakan bahwa pada tahun 2021 ada sebanyak 157.500 subsidi KPR yang diberikan pemerintah sebagai stimulus. Seperti bantuan subsidi uang muka sebesar Rp 4 juta per unit.

Kalau di Sumsel pada tahun 2020 lalu bisa merealisasikan penyerapan perumahan KPR hingga 10.000 unit, diharapkan tahun 2021 bisa lebih dari itu.

Untuk mendukung profesionalitas dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat, pihaknya tidak segan-segan akan menertibkan anggotanya apabila merugikan konsumen. Bahkan jika telah diperingatkan dan dipanggil namun tetap tidak digubris, tentu akan melakukan tindakan tegas dengan memecatnya dari keanggotaan REI.

"Sampai saat ini, belum ada yang dipecat dari REI, namun yang sudah pada tahap peringatan ada. Ya, penyebabnya rata-rata karena cashflow," pungkasnya.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved