Breaking News:

Terjadi Tiap Tahun, Kapan Jakarta Bisa Berhenti Dilanda Banjir ? Ini Jawabannya

Walhi telah memperingatkan sebelumnya, bahwa banjir di Jakarta dipicu oleh berbagai permasalahan yang kompleks.

Tribunnews.com
Ruas jalan tol lingkar selatan Jakarta, sejak Sabtu pagi terendam banjir akibat luapan Kali Krukut dan curah hujan di wilayah Jakarta. 

SRIPOKU.COM -- Di tengah pandemi covid-19 yang masih belum kunjung "minggat dari Bumi Pertiwi, warga Jakarta justru dihadapkan dengan masalah lain yang sama merepotkannya, yaitu banjir.

Setiap tahun, ibu kota dari Indonesia seolah tak pernah sepi dari kabar terkena banjir, mulai dari yang tingginya dari mata kaki, sampai selutut orang dewasa.

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan yang sama setiap tahunnya, apa yang menyebabkan Jakarta selalu menjadi "langganan" banjir ?

Selain hujan, seperti dikutip dari Kompas.com, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) DKI Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi mengatakan, ada sejumlah faktor yang saling berkaitan sehingga banjir tak bisa dihindari terjadi di Ibu Kota.

"Tidak ada faktor dominan."

"Menurut hemat kami ada 3 penyebanya."

"Satu, luapan sungai; dua hilangmya wilayah tangkapan air; dan tiga sistem drainase."

Anak-anak berenang di area terdampak banjir di RT 05/RW 05, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Banjir merendam sejumlah rumah warga di Jalan Masjid Al Makmur Gang Buntu, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (8/2/2021)
Anak-anak berenang di area terdampak banjir di RT 05/RW 05, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Banjir merendam sejumlah rumah warga di Jalan Masjid Al Makmur Gang Buntu, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (8/2/2021) (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

Ya (ketiganya) saling memengaruhi," kata Bagus saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/2/2021).

Di luar tiga faktor itu, Bagus mengatakan, banjir Jakarta tidak bisa dilepaskan dari faktor di hulu dan adanya cuaca ekstrem.

Menurut Bagus, Walhi telah memperingatkan sebelumnya, bahwa banjir di Jakarta dipicu oleh berbagai permasalahan yang kompleks.

Halaman
1234
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved