Breaking News:

Elektabilitas Capres

Capres 2024 Masih Jauh, Elektabilitas Capres Dari Survei Terbaru, Prabowo Teratas Diikuti Anies

Pilpres 2024 masih jauh dari jadwal yang ditetapkan UU Pemilun namun nama-nama potensial sudah banyak yang mengelus-elus

ist
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan paparan dalam Seminar Revisi Doktrin TNI Angkatan Darat Kartika Eka Paksi tahun 2020 di Markas Besar Angkatan Darat. Elektabilitas Prabowo teratas sebagai capres tahun ini 

SRIPOKU.COM, Jakarta —Pilpres 2024 masih jauh dari jadwal yang ditetapkan UU Pemilun namun nama-nama potensial sudah banyak yang mengelus-elus. Bahkan sudah ada yang melakukan survey apakah itu survey mandiri  atau survey “pesanan” untuk mengukur kekuatan.   

Salah satunya seperti dilansir WARTAKOTALIVE.COM, nama Prabowo Subianto yang kini Menteri Pertahanan RI, masih memiliki elektabilitas paling tinggi sebagai capres 2024.

Elektabilitas Prabowo diikuti 4 nama populer, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini alias Risma.

Yang menarik, Kepala Staf Presiden Moeldoko mulai masuk diantara 15 nama Capres.

Moeldoko baru saja memperoleh pemberitaan kontroversial saat dirinya disebut-sebut akan mengkudeta Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketum Partai Demokrat.

Hasil survei Parameter Politik Indonesia menunjukkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden apabila pemilihan dilakukan saat survei digelar.

Berdasarkan survei top of mind capres, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 19,9 persen diikuti dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (11,9 persen) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (11,3 persen).

Lalu, saat pilihan capres terdiri dari 15 nama, Prabowo memiliki elektabilitas 22,1 persen disusul Anies (14,6 persen), Ganjar (13,9 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (6,3 persen), dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (5,8 persen).

Sementara, saat pilihan capres dipersempit menjadi 10 nama, Prabowo memiliki elektabilitas 23,1 persen, Anies (15,2 persen), Ganjar (14,9 persen), Ridwan Kamil (6,8 persen), dan Risma (6,5 persen).

 "Data elektabilitas juga menunjukkan Prabowo Subianto menjadi figur tak tergantikan dari calon berbasis militer secara konsisten memimpin kompetisi capres 2024, baik pada skenario elektabilitas terbuka, maupun pada skenario elektabilitas tertutup," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Inodnesia Adi Prayitno dalam siaran pers, Senin (22/2/2021).

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved