Breaking News:

Berita Palembang

PROYEK Underpass Charitas Belum Tahu Kapan Dilaksanakan, Kasatker PJN : Tergantung Keuangan APBN

Setelah DED rampung, maka perlu dilengkapi juga dokumen Amdal, Andalalin dan pembebasan lahan di areal yang akan dibangun underpass.

SRIPOKU.COM / Syahrul Hidayat
DIMULAI -- Pembangunan underpass Simpang RSRK Charitas akan jadi kenyataan. Ini terbukti dengan dilakukannya pengeboran tanah di tengah Simpang Empat tersebut, Selasa (16/2/2021). Menurut pekerja mereka akan mengebor sedalam 30 meter untuk mengukur dan memeriksa kontur tanah. SRIPO/SYAHRUL 

Laporan wartawan Sripoku.com,  Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Meski saat ini sudah dilakukan soil test, namun pembangunan underpass Simpang Charitas Palembang belum tahu kapan akan mulai dilaksanakan pembangunannya. 

Kasatker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) III BBPJN Sumsel, Dadi Muradi mengatakan tahapan perencanaan pembangunan Undepass Simpang Charitas Palembang masih terus bergulir, menyusul proses penyusunan Detail Engineering Design (DED) yang saat ini memasuki tahap finalisasi akhir. 

Aktifitas pekerjaan dikawasan Simpang Charitas yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari soil investigation yang berfungsi untuk mengetahui kondisi struktur tanah, yang direncanakan bakal dibangun underpass. 

"Penyusunan DED telah dimulai sejak bulan Juni tahun 2020 lalu dan saat ini telah memasuki tahapan akhir," katanya, Minggu (21/2/2021).

Ia menjelaskan, untuk dimulainya pembangunan underpass masih harus melewati serangkaian tahapan yang panjang.

Setelah DED rampung, maka perlu dilengkapi juga dokumen Amdal, Andalalin dan pembebasan lahan di areal yang akan dibangun underpass. 

Mengingat proses yang masih panjang, Dadi mengaku pembangunan Underpass Simpang Charitas belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Lokasi bor soil test underpass Charitas di Jalan Jendral Sudirman Palembang, Selasa (16/2/2021).
Lokasi bor soil test underpass Charitas di Jalan Jendral Sudirman Palembang, Selasa (16/2/2021). (Handout)

Baca juga: Persiapan Pembangunan Underpass Simpang Charitas, BBPJN V Palembang Pasang 2 Titik Bor Soil Test

Baca juga: Ukur Struktur Tanah Underpass Charitas, BBPJN V Palembang Pasang 2 Titik Bor Soil Test

Baca juga: Underpass Charitas Mulai Dibangun, Penampakan Tanah Sedalam 30 Meter Dibor

Ia pun enggan memberikan estimasi kapan pembangunan fisik akan dimulai, lantaran pembangunan berkaitan dengan ketersediaan anggaran Pemerintah. 

"Pembangunan tergantung dari keuangan APBN dan kesiapan lahannya. Pembangunan fisik underpass kami belum bisa pastikan, paling tidak tahun depan lahan sudah dibebaskan," harapnya. 

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved