Breaking News:

Minimalisir Banjir di Palembang, BBWS Sumatera VIII Normalisasi Tiga Anak Sungai

Selain tiga sungai di Palembang, pada tahun ini kita juga akan normalisasi dua sungai lainnya di Sumsel yakni Sungai Kelekar dan Bailangu

Penulis: Odi Aria Saputra | Editor: Azwir Ahmad
SRIPOKU.COM/HARIS WIDODO
Sungai Bendung di Jalan Sei Bendungan Sekip Jaya Palembangmasuk salah satu dari tiga sungai yang akan dinormalisasi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, pada tahun ini akan melakukan pekerjaan tiga paket normalisasi sungai dan pengendalian banjir di kota Palembang.

Adapun pekerjaan normalisasi sungai akan dilaksanakan di sungai Lambidaro Sekanak, Sungai Bendung dan Sungai Kedukan

"Selain tiga sungai di Palembang, pada tahun ini kita juga akan normalisasi dua sungai lainnya di Sumsel yakni Sungai Kelekar dan Bailangu," kata Kepala BBWSS VIII, Birendrjana,  Minggu (21/2/2021).

Dijelaskannya, pekerjaan normalisasi dan pengendalian banjir tersebut merupakan upaya untuk meminimalisir terjadinya banjir yang selalu menjadi langganan di kota Palembang. 

Menurut Birendrjana, banjir yang sering terjadi di kota Palembang lantaran ada beberapa drainase saluran menuju saluran utama sudah tertimbun baik disengaja ataupun tidak sengaja.

Maka dari itu, untuk membuat fungsi drainase menjadi lebih baik maka perlu dilakukan normalisasi terhadap sub das atau anak-anak sungai di Palembang. 

"Palembang ini ada 21 anak sungai untuk menuju saluran utama. Jika di persentase tidak sampai setengahnya terjadi penyumbatan menyebabkan banjir. Maka itulah harus kita lakukan normalisasi," jelasnya. 

Untuk pekerjaan normalisasi, pihaknya akan melakukan pengerukan dasar sungai dengan ke dalaman mengembalikan pada kedalaman sesuai fungsi awal sungai. Selain itu, pekerjaan normalisasi BBWS Sumatera VIII akan lakukan penyamaan lebar sungai. 

"Kalau untuk pagunya tiga paket pekerjaan normalisasi itu dianggarkan Rp 65 M. Ditargetkan pekerjaan itu akan rampung pada tahun ini," katanya. (Oca) 
 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved