Breaking News:

Berita OKU

Polsek Lengkiti dan 3 Pilar Kamtibmas Bertekad Minimalisir Penyidikan

Komitmen bersama ini ditindaklanjuti dengan Penandatanganan MOU Antara Polsek Lengkiti dengan Tiga Pilar Kecamatan Lengkiti

Dok Polsek Lengkiti
Polsek Lengkiti dan 3 Pilar Kamtibmas Kecamatan Lengkiti meneken MoU, Kamis (18/2/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Leni Juwita

SRIPOKU.COM, BATURAJA - Polsek Lengkiti dan tiga pilar kamtibmas Kelurahan Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera selatan bertekad meminimalisir penyidikan dengan mengedepankan kearifan lokal dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat.

Komitmen bersama ini ditindaklanjuti dengan Penandatanganan MOU Antara Polsek Lengkiti dengan Tiga Pilar Kecamatan Lengkiti yang dilakukan pada Kamis (18 /2/2021) bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Lengkiti.

Pihak-pihak yang menandatangani MoU AKP Bastari (Kapolsek Lengkiti), Yoyin Arifianto AP MSi (Camat Lengkiti), dan Kapten CPL Suwignyo (Danramil Simpang).

Hadir juga Kanit Reskrim Polsek Lengkiti Kanit Binmas Polsek Lengkiti, Kanit Intelkam Polsek Lengkiti, Bhabinkamtibmas Polsek Lengkiti, Babinsa Kecamatan Lengkiti serta seluruh Kepala Desa Se -Kecamatan Lengkiti.

Tujuan untuk dapat dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah (problem solving).

Komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan.

Sebab banyak persoalan-persoalan kecil di masyarakat bisa diselesaikan dengan cara duduk bersama dan menggunakan kearifan lokal penyelesaian masalah (problem solving), guna meminimalisir penyidikan tindak pidana berdasarkan azas manfaat dan keadilan baik selaku korban, saksi, maupun pelaku.

Apabila dimediasi oleh pilar kamtibmas setempat sehingga banyak permasalahan ringan bisa diselesaikan dengan musyawarah tanpa harus berakhir di kantor polisi.

Penandatanganan MoU tiga pilar ini juga menindaklanjuti program 100 hari kerja Kapolri yang mana sebelum dilakukan proses penyidikan tindak pidana ringan, akan dilakukan problem solving oleh tiga pilar yaitu Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Apabila terdapat kesepakatan antara korban dan pelaku maka tidak akan dilakukan proses penyidikan.

Namun jika tidak ditemukan kesepakatan maka dapat dilanjutkan ke proses hukum apabila memenuhi unsur tindak pidana.

Dalam sambutannya Kapolsek Lengkiti Akp bAstari, mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir khususnya tiga pilar.

Selain itu Kapolsek Lengkiti meminta kepada seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas serta tetap menegakkan protokol kesehatan.

Penulis: Leni Juwita
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved