Breaking News:

Disdikbud Muba Bakar 382 Ijazah Cadangan, Meminimalisir Penyalahgunaan Ijazah

Hindari penyelewengan, sebanyak 382 lembar blanko ijazah SMP negeri dan swasta di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muba dimusnahkan

sripoku.com/fajeri
Petugas Disdikbud Muba ketika melakukan pemusnahaan ijazah yang tidak terpakai. 

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Sebanyak 382 lembar blanko ijazah SMP negeri dan swasta di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Muba dimusnahkan, Jumat (19/2/2021).

Proses pemusnahan dokumen negara dengan cara dibakar disaksikan pihak Disdikbud Muba dan Polres Muba.

Kasi kurikulum dan penilaian SMP Disdikbud Muba, Sobriadi S.Si, M.Pd mengatakan, blanko ijazah ini dari Kemendikbud, yang mana 30 persen cadangan. 

"Untuk blanko ijazah yang mengalami kesalahan penulisan pada K-13 ada 27 lembar, dan kurikulum 2006 ada 4 lembar. Lalu kelebihan blanko ijazah untuk K-13 ada sebanyak 262 lembar dan kurikulum 2006 ada 120 lembar," ujarnya.

Lanjutnya, tujuan pemusnahan ijazah ini adalah menghindari pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakan ijazah. Karena ijazah ini dokumen negara, dan dikhawatirkan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. 

"Apabila terdapat kerusakan atau kesalahan penulisan ijazah maka pemusnahan dilakukan di satuan pendidikan bukan di dinas pendidikan. Satuan pendidikan hanya menyerahkan berita acara pemusnahan ijazah ke dinas pendidikan," terangnya. 

Adapun ijazah yang dimusnahkan merupakan edisi tahun ajaran 2019-2020. Sobriadi menambahkan, pemusnahan harus disaksikan oleh pihak kepolisian dan dipastikan semuanya harus dibakar tanpa tersisa. (dho)

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved