Breaking News:

Berita Palembang

Anak Wajib Punya KIA ! Berikut Ini Syarat dan Nomor Petugas Permohonan KIA di Disdukcapil Palembang

Syarat pendaftaran sekolah dan pembuatan rekening bank untuk anak dibawah usia 17 tahun, memerlukan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dok. Humas Pemprov Sumsel
Salah seorang cucu Gubernur Sumsel H Herman Deru menunjukkan kartu identitas anak (KIA) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang, Kamis (31/1/2019). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Syarat pendaftaran sekolah dan pembuatan rekening bank untuk anak dibawah usia 17 tahun, memerlukan Kartu Identitas Anak (KIA).

Oleh karena itu, KIA sangat dibutuhkan sebagai identitas resmi anak yang berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah, dan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Ibu rumah tangga di Palembang, Fitriani mengatakan sudah membuatkan tiga anaknya KIA, namun baru KIA anak pertama yang sudah selesai. Padahal dia sudah mengajukan pembuatan sejak 2 tahun yang lalu.

Meskipun membuat KIA, dia sendiri sebagai orangtua tidak mengetahui fungsi kartu tersebut.

"Sudah lama saya buat tapi baru satu KIA yang keluar. Fungsinya saya kurang tau, diminta buat saja," ujarnya, Kamis (18/2/2021).

Dari data Disdukcapil Kota Palembang, jumlah target pembuatan KIA secara nasional tahun 2020 sebesar 20 persen, sedangkan kota Palembang sudah melewati target yaitu sebesar 46,3 persen.

Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Dewi Isnaini mengatakan KIA dan KTP terdapat perbedaan dari bentuk atau sebutan dan masa berlaku.

Sedangkan untuk penggunaannya, masing-masing orang dapat menggunakan sesuai kebutuhannya.

"Kalau dari program pemerintah saat ini semua pelayanan publik sudah berbasis NIK," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved