Breaking News:

Pandemi Covid 19

Menggapai Asa di Tengah Pandemi Covid-19

Tak ada yang pernah menyangka, tahun 2020 menjadi tahun tersulit yang harus dihadapi ham­pir di semua dimensi kehidupan.

Menggapai Asa di Tengah Pandemi Covid-19
ist
Tri Ratna Dewi, S.Si, MM

Oleh : Oleh :Tri Ratna Dewi, S.Si, MM

Fungsional Statistik Madya BPS Provinsi Sumatera Selatan

Tak ada yang pernah menyangka, tahun 2020 menjadi tahun tersulit yang harus dihadapi ham­pir di semua dimensi kehidupan.

Musibah pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada a­wal tahun 2020 telah melumpuhkan berbagai aktivitas ekonomi dan sosial.

Bahkan mema­su­ki awal tahun 2021, sejumlah negara masih bergulat mengatasi pandemi ini, ter­masuk In­do­ne­sia.

Dampak pandemi covid-19 begitu luar biasa memukul perekonomian nasional se­pan­jang tahun 2020.

Jika dibandingkan dengan kondisi tahun lalu, perekonomian nasional mu­lai meng­alami kontraksi pada kuartal II tahun 2020 sebesar 5,32 persen dan berlanjut hingga kuartal III ta­hun 2020 sebesar 3,49 persen. Sebagaimana rilis Berita Resmi Statistik oleh BPS. Saat ini Pemerintah dan berbagai pihak masih menunggu hasil hitungan PDB ku­artal IV 2020 yang akan dirilis oleh BPS, dan bagaimana kinerja ekonomi nasional di tahun 2020.

grafis
(ist)

Refleksi pertumbuhan ekonomi nasional juga dirasakan di Sumatera Selatan sepanjang tahun 2020.

Pada kuartal pertama tahun 2020, ekonomi Sumatera Selatan masih mencatat partum­buh­an yang positif dibanding tahun sebelumnya, yaitu sebesar 4,98 persen.

Namun me­masuki kuartal II ketika pandemi mulai menyebar dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Be­­sar (PSBB) di wilayah Sumatera Selatan maupun di hampir semua wi­layah di Indonesia, prak­tis melumpuhkan hampir semua aktivitas ekonomi di wilayah Su­matera Selatan.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved