Breaking News:

Pemkot Akan Bongkar 58 Kios Liar di Jalan KH Balqi 16 Ulu, Ganggu Drainase dan Bikin Macet Jalan

Sebanyak 58 kios liar di Jalan KH Balqi (Banten), 16 Ulu, Seberang Ulu IIakan dibongkar. Menutupi saluran air dan bikin macet lalu lintas

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Azwir Ahmad
sripoku.com/rahmalia
Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda meninjau saluran air yang ditutupi kios di Jalan KH Balqi Banten, SU II, Selasa (16/2/2021) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang akan membongkar sebanyak 58 kios liar di Jalan KH Balqi (Banten), 16 Ulu, Seberang Ulu II.

Keberadaan kios-kios liar yang menutupi saluran air tersebut diduga salah satu penyebab banjir di kawasan tersebut ketika hujan deras.

Selain itu, kios yang dibangun tanpa izin itu juga membuat ruas jalan menjadi sempit dan menyebabkan kemacetan. 

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, menyebutkan menyempitnya saluran air   akibat kios berdiri di atas saluran dan menutupinya, sehingga pada saat hujan membuat drainase tidak maksimal dan air meluber hingga menggenangi ruas jalan.

"Ruas jalan akan diperbaiki dan saluran airnya akan dinormalisasi, begitu juga 58 kios liar yang berdiri di atas saluran ini akan dilakukan pembongkaran. Besok kita layangkan surat peringatan dan diberi tenggat waktu selama dua minggu," ujar Fitri usai meninjau perbaikan jalan di Jalan Banten, Selasa (16/2/2021).

Fitri mengimbau, agar para pemilik kios liar ini dapat membongkar sendiri lapaknya, kalau dua minggu belum dibongkar, maka dengan terpaksa pihaknya bersama Satpol PP dan pihak keamanan lainnya akan membongkar paksa kios tersebut. 

"Tadi sudah ada pembicaraan juga dengan pihak pedagang, mereka mau pindah dan bongkar sendiri, karena memang kios ini berdiri di atas saluran ini menyalahi aturan," tegasnya. 

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Akhmad Bastari menjelaskan, kerusakan jalan tersebut akan diperbaiki dengan cara dicor dan ketebalan 20 cm dengan panjang 50 meter. 

"Perbaikan jalan melalui anggaran pemeliharaan rutin. Pengerjaan kita selain perbaikan jalan akan melakukan normalisasi drainase dan mengembalikan fungsi salurannya," ujarnya

Sementara itu Camat Seberang Ulu II, Rakhman H Pane, mengatakan kios-kios liar tersebut memang sudah banyak dikeluhkan masyarakat, terutama di Jalan Banten. Saluran air yang ditutup oleh sejumlah kios liar menyebabkan daerah ini menjadi langganan banjir.

" Untuk itu, atas instruksi Wawako akan dilakukan normalisasi saluran air dan perbaikan jalan. Insya Allah dalam dua minggu ini kios liar ini akan dibongkar," katanya. 

Menurut Rakhman, kios di sebelah kanan dari muka jalan yang sangat mengganggu saluran air, kalau sebelah kiri paling akan ditata saja karena rata-rata kaki lima pemilik toko, tapi sudah memakan badan jalan. 

"Kita mengimbau agar mundur ke dalam lagi. Minggu pertama Maret siap dieksekusi, kita sudah melakukan pendekatan secara persuasif dan mereka mau, kalau ada yang menolak maka akan dibongkar paksa," katanya.

Dia tambahkan, pedagang tersebut liar, retribusi tidak ada bahkan menyalahi aturan karena berdiri di jalur hijau. "Kita sudah koordinasi dg pihak Polpp dan keamanan yang dapat membantu pembongkaran," ujarnya (Cr26)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved